Monday, October 26, 2020
Home JATIM BANYUWANGI Pernyataan Sikap Komunitas GUSDURian Banyuwangi Terkait Pilkada Tahun 2020

Pernyataan Sikap Komunitas GUSDURian Banyuwangi Terkait Pilkada Tahun 2020

Surat Terbuka Komunitas GUSDURian Banyuwangi

- Advertisement -

KABAR RAKYATPernak pernik timbulnya perpecahan dalam pelaksanaan Pilkada Banyuwangi Tahun 2020 mulai tampak. Meski potensinya kecil, namun dikhawatirkan ada pihak lain memanfaatkan situasi.

Demi menjaga perdamaian berbangsa dan bernegara. Komunitas GUSDURian Indonesia di Kabupaten Banyuwangi menyatakan sikap tegas.

Berikut isi press release Komunitas GUSDURian di Banyuwangi menyikapi kegiatan 5 tahunan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

“Jaringan GUSDURian tetap istiqomah di jalur non politik praktis. Jaringan GUSDURian adalah gerakan sosial non politik praktis. Karena itu Jaringan GUSDURian tidak akan pernah terlibat dalam dukung-mendukung calon tertentu baik dalampilpres, pemilu legislatif, maupun pilkada.”
Alissa Wahid (Koordinator Nasional Jaringan GUSDURian)

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Banyuwangi 2020, berbagai manuver dan pendekatan kepada kelompok-kelompok warga bangsa dilakukan untuk kepentingan kemenangan pasangan Calon Bupati / Calon Wakil Bupati.

Mencermati hal tersebut, terutama menyangkut berbagai klaim dan pernyataan dukungan calon tertentu dari sejumlah pihak.

Komunitas GUSDURian Banyuwangi menegaskan bahwa:

  1. Komunitas GUSDURian Banyuwangi bersifat netral dengan tidak terlibat kegiatan dukung–mendukung calon bupati / wakil bupati manapun.

  2. Kode etik Jaringan GUSDURian Indonesia telah menegaskan bahwa aktivitas politik praktis apapun dari para individu GUSDURian adalah aspirasi pribadi, dan tidak boleh membawa, mengatasnamakan Jaringan GUSDURian Indonesia atau Komunitas GUSDURian.

  3. Komunitas-komunitas GUSDURian di berbagai kota yang tergabung dalam Jaringan GUSDURian Indonesia selama ini teguh memegang prinsip non politik praktis tersebut, dan menghindarkan diri dari keterlibatan dalam arena Pemilihan Kepala Daerah, Pemilihan Umum Anggota Legislatif, dan Pemilihan Presiden.

  4. Komunitas GUSDURian Banyuwangi mendorong para kader GUSDURian untuk menyalurkan hak politiknya sebagai warga negara, tanpa mengatasnamakan dukungan tersebut sebagai dukungan Komunitas GUSDURian Banyuwangi. Sikap ini diperlukan untuk menjaga garis perjuangan dan kredibilitas Jaringan GUSDURian Indonesia.

  5. Komunitas GUSDURian Banyuwangi mengimbau kepada setiap GUSDURian di Banyuwangi untuk terus menjunjung prinsip demokrasi dan menghormati hak konstitusional warga untuk menggunakan hak politiknya secara jujur dan berintegritas.

  6. Komunitas GUSDURian Banyuwangi menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kedamaian serta menghindari pertikaian yang merusak sendi kehidupan berbangsa.

Demikian pernyataan ini kami sampaikan agar semua pihak bisa merujukdan memahami sikap yang diambil oleh Komunitas GUSDURian Banyuwangi terkait dengan Pilkada mendatang.

Semoga “tahun politik” ini tidak menjadi ajang perpecahan namun menjadi ruang tumbuh khususnya bagi rakyat Banyuwangi.

Serta bagi bangsa dan rakyat Indonesia untuk memantapkan demokrasi sebagai jalan untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu bangsa yang Adil Makmur Sentosa.

Gus Dur telah meneladankan, saatnya kita melanjutkan.

Salam,

Fatchan Himami Hasan
Koordinator GUSDURian Banyuwangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca