Pers Miliki Peran Penting Tekan Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT –  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, Selasa 9 Februari 2021.

HPN tahun ini digelar secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Selain menggelar tasyakuran, juga dilaksanakan bakti sosial dengan membagikan sembako kepada warga kurang mampu.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Danlanal Banyuwangi, Letkol (P) Joko Setiyono, Kepala Diskominfo Budi dan para awak media di Bumi Blambangan.

Ketua PWI Banyuwangi, Syaifudin Mahmud menyampaikan, peringatan HPN kali ini terasa sangat istimewa karena terselenggara di tengah pandemi Covid-19.

“Bagi kami sangat istimewa, di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, kita masih bisa memperingati HPN ke-75. Semoga ini menjadi awal kebangkitan bangsa Indonesia, khususnya insan pers dari pandemi” katanya.

Menurut Aif, sapaan akrabnya, insan pers memiliki peran penting dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Insan pers sangat mendukung upaya pemerintah dalam memerangi Covid-19. Melalui pemberitaan teraktual, serta pemberitaan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, media menjadi ujung tombak untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya Covid-19,” imbuhnya.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin menyebut insan media sebagai salah satu pahlawan dalam memerangi Covid-19.

“Media menjadi salah satu unsur penting untuk mensosialisasikan adat kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Media adalah salah satu pahlawan dalam memerangi Covid-19,” imbuhnya.

Danlanal Banyuwangi, Letkol (P) Joko Setiyono mengapresiasi peran media bersama Satgas Covid-19 dalam mengedukasi masyarakat. “Tanpa media, tentu upaya menekan laju Covid-19 di Banyuwangi tak akan berjalan secara maksimal,” ujarnya.

Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengapresiasi peran media terutama dalam menangkal sejumlah pemberitaan hoax yang meresahkan masyarakat.

“Saat ini banyak bertebaran pemberitaan hoax, baik masalah Covid-19 maupun bencana alam. Di sinilah pentingnya insan media untuk memberikan pemberitaan faktual kepada masyarakat dan menangkal berita hoax,” tutupnya.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *