Pers Pro Investasi dan Ekonomi Kreatif Menjadi Tema Sentral HPN ke-74 di Probolinggo

  • Whatsapp
HPN Probolinggo (2)

KabarRakyat.ID – Peran pers dapat berkontribusi besar dalam iklim dunia usaha dan investasi di tengah persaingan global. Bahkan pers juga bisa mempengaruhi arah kebijakan pelaku usaha. Namun peran pers hari ini, sudah harus menyesuaikan dengan dinamika sosial, ekonomi yang sangat cepat sesuai kebutuhan zaman.

Tema puncak HPN ke-74 Tahun 2020 di Probolinggo, Pers Pro Investasi Dan Ekonomi Kreatif sengaja diangkat oleh Panitia HPN dengan harapan pemerintah daerah lebih berani mengeksekusi program yang menjadi kebutuhan yang dimaui oleh masyarakat khususnya Probolinggo. Khususnya menyangkut kesempatan untuk mendapatkan lapangan kerja, kemudahan perijinan untuk kebutuhan investasi. Juga kepastian, pelaku usaha kecil menengah (UKM) bisa lebih eksis dan diberdayakan.

Read More

banner 645x400

Pembanguan infrastruktur jalan tol Pasuruan – Probolinggo ( Paspro), Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) termasuk pengembangan pelabuhan Tanjung Tembaga untuk kapal pesiar dan cargo menjadi sebuah harapan baru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan baru di Jawa Timur.

Dua wilayah pemerintahan Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo harus mengejar ketertinggalan dengan modal infrastruktur yang mulai dibangun pemerintahan Joko Widodo. Potensi besar pariwisata Bromo dan kawasan penyangga menjadi modal kuat pemerintah daerah untuk lebih fokus mendorong pertumbuham ekonomi.

” Pers di Probolinggo tidak melulu menyajikan berita dan fakta sebuah peristiwa yang terjadi. Sudah saatnya Peran pers di Probolinggo bergerak mendorong iklim investasi dan ekonomi kreatif guna meningkatkan lapangan kerja. Pers haruslah lebih arif dan membantu mencarikan solusi terhadap persoalan sosial/ ekonomi. Bahkan jika perlu terlibat langsung mendampingi pelaku usaha / UKM untuk mempromosikan hasil produk”, kata ketua Pokja Jurnalis Richard De Mas Nre di acara resepsi dan bazar UKM di Hall Lila Catering, Dringu, Kamis (20/2/2020).

Acara HPN dihadiri Wakil bupati  Timbul Prihamdjoko, Wawalikota Probolinggo M Soufis Sobri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP.Ambaryadi Wijaya, Kodim 0820, Ketua KPU, Ketua Banwaslu, pengusaha, kelompok UKM dan Komunitas Sahabat Laut.

Menanggapi tema investasi dan ekonomi kreatif yang dimaksud Wakil Bupati Probolinggo Drs H.Timbul Prihandjoko mengatakan, niatan yang disampaikan di puncak HPN menjadi keinginan bersama.

” Sejak awal saya sepakat peran pers memiliki peran startegis. Selain bagian pilar demokrasi, pers adalah ujung tombak mencairkan kebuntuan komunikasi. Pers hari ini sudah lebih berkembang pesat namun ia haruslah tetap menjaga idialisme. Pers yang jujur menjadi pegangan publik. Niatan rekan-rekan Jurnalis positif Probolinggo dalam mendorong iklim investasi dan ekonomi kreatif sangat kami apresiasi. Dan ini yang kami inginkan untuk bersinergi bersama pemerintah daerah agar Probolinggo lebih maju”, kata Timbul Prihandjoko dihadapan puluhan jurnalis.

HPN Probolinggo (1)

Timbul Prihandjoko meminta  pers tetap memegang marwahnya dan berkontribusi kepada kemajuan daerah melalui karya jurnalism positif. ” Pers yang dibutuhkan hari ini adalah pers yang solutif, kreatif dan bisa bersinergi dalam membangun daerahnya”, imbuh pejabat yang akrab dengan dunia wartawan ini.

Hal senada juga diungkapkan wakil walikota Probolinggo  Muhammad Soufis Subri, HPN tahun 2020 moment yang tepat meningkatkan sinergitas dengan awak media. Pembangunan tidak akan berjalan baik ketika tanpa pengawasan dari masyarakat luas dan kontribusi dari insan pers.

Subri yang dikenal tidak alergi dengan cara kerja jurnalis Probolinggo. Ia  justru terbantukan dengan ide-ide dan masukan yang disampaikan melalui media.

” Kerjasama yang sudah tumbuh baik ini kita manfaatkan untuk membangun Kota Probolinggo yang lebih baik. Dukungan pers menjadi modal untuk percepatan proses pembangunan yang telah kami rancang. Dan kami mengucapkan selamat hari pers,” kata Subri.

HPN ke 74 di Probolinggo berbagai kegiatan, mulai upacara bendera, gerakan penanaman anggur, Bansos ke Ponpes, dan pemberian reward kepada 5 orang wartawan senior.

Pemberian reward diberikan kepada Wartawan senior yang hingga kini masih menginspirasi wartawan muda diantaranya : Ali Mohtar (mantan Harian Surabaya Post), Satrijo Prabowo (mantan Harian Surya), Wiwit Agus Pribadi (masih aktif di Harian Bhirawa), Nur Hidayat (mantan Jawa Pos dan Radar Bromo), dan Almarhum Nurhasan (mantan Harian Memorandum) yang diwakili oleh Devi, putri sulungnya.

Ketua Panitia HPN Rhoma Dona kehadiran wartawan senior memiliki makna tersendiri untuk motivasi wartawan muda di Probolinggo.

” Karena peran wartawan senior kami melanjutkan profesi jurnalis. Beliau-beliau menginspirasi kita semua untuk bekerja dengan cara profesional dan menjaga idialisme. Dulu mereka sangat susah dalam menjalankan tugas jurnalisnya, karena keterbatasan tehnologi, kondisi politik waktu itu namun mereka tetap berkarya”, kata Rhoma Dona.

Reporter : Yono

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *