Pesan Pengasuh Ponpes Genggong “Kedepankan Persaudaraan Sikapi Isu People Power”

301 views
banner 468x60)
Foto : Pengasuh Ponpes Zainul Hasan, Genggong,  dr. KH. Haris Damhuri Ramli

Foto : Pengasuh Ponpes Zainul Hasan, Genggong,  dr. KH. Haris Damhuri Ramli. (Istimewa)

KABARRAKYAT.ID – Pasca Pemilu 2019 perlu disikapi dengan kedewasaan bersikap dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Isu People Power yang sengaja dihebuskan oleh sekolompok orang yang tidak puas atas hasil Pemilu 2019 telah menciptakan kegaduhan politik. Hal ini mulai disikapi oleh sejumlah Ulama khususnya Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong – Probolinggo, Jawa Timur.

Ada pandangan menyejukan digulirkan oleh dr. KH. Haris Damanhuri Ramli pengasuh Ponpes Zainul Hasan, Genggong mengajak umat untuk tidak mudah melumat mentah-mentah sebuah seruan yang mengatasnamakan kebebasan berdemokrasi.

Dalam seruan-nya dihadapan ribuan santri Genggong, ia mengatakan, isu people power atau pergerakan massa yg bergulir selama ini, jujur saja membuat sebagian besar dari kami prihatin. Sesuatu yang sangat berpotensi menimbulkan kegaduhan dan mencederai persaudaraan bangsa dan bernegara, kata dr. KH. Haris Damahuri Ramli yang akrab dipanggil Gus Haris.

Dalam sambutanya di acara Lailatul Qiro’ah Haul Nyai Hj. Himami, gus Haris meminta para elite politik bangsa ini menunjukkan sikap lebih dewasa, sikap uswatun khasanah dengan melakukan rekonsiliasi sebagai solusi menyelesaikan persoalan Pemilu 2019.

“Mengedepankan musyawarah mufakat sebagaimana ciri khas bangsa ini dalam menyelesaikan tiap persoalan. Paling tidak, masih ada jalur konstitusi yang bisa ditempuh jika tiada ada titik temu”, harapnya.

Gerakan People Power bukan pilihan satu – satunya jalan terbaik dalam menyampaikan hasrat politik. Apalagi dengan sengaja mencederai konstitusi yang sah.

“Bangsa ini sudah baik, tentram dan nyaman. jangan bikin Gaduh hanya karena kepentingan politis. jikapun ada kecurangan, masih ada mekanisme hukum yg bisa ditempuh. jangan kemudian jalur konstitusional belum tempuh mulai ribut people power.
Sangat rawan ditunggangi oleh pihak-pijak tertentu yang berkepetingan merusak persaudaraan, persatuan dan kesatuan. Mereka memang tidak pernah menginginkan bangsa ini jadi baik, hingga menjadi bangsa yang suka berperang seperti halnya potret negara jazirah Arab. Naudzubillah tsumma Naudzubillah”, kata Gus Haris.

Penerus Ponpes Zainul Hasan ditengah memanasnya politik pasca Pemilu berkeyakinan, jiwa kenegarawanan menjadi karakter kolektif para elite politik bangsa ini. Selebihnya Gus Haris berharap ketentraman dan persatuan bangsa budaya santun dan menegakan ideologi PANCASILA. Serta mendoakan Bangsa ini istiqamah dalam lindungan Allah swt.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

banner 468x60)

#Ponpes Zainul Hasan Genggong #pesan pengasuh Ponpes Genggong terkait people power #Ponpes Genggong Probolinggo ajak kedepankan persaudaraan umat sikapi hasil Pemilu 2019

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply