Pilih Sisa Hukuman, Dua Napiter Lumajang Tolak NKRI

200 views

Kepala seksi pembinaan Narapidana/anak didik lapas II B Lumajang

KABARRAKYAT.ID – Dua penghuni Lapas Kelas II B Lumajang Wagiono dan Ahmad Dhani merupakan narapidana teroris  yang masa vonisnya berakhir pada tahun 2023. Meski menjalani vonis kedua napi teroris ini masih menolak mengakui NKRI.

Seperti Wagiono dirinya tidak bergeming dengan tawaran pembebasan bersyarat yang menjadi haknya dan Wagiono memilih untuk menjalani masa hukumannya yang tinggal separuh.

Martono Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Lapas Kelas II B Lumajang menjelaskan khusus Napiter Wagiono, seharusnya dia sudah menjalani proses asimilasi atau penyesuaian. Proses asimilisai ini merupakan syarat napiter memperoleh hak pengajuan remisi serta pembebasan bersyarat (PB).

“Asimilasi merupakan upaya pembinaan bagi napiter namun sayangnya proses ini terhenti karena  Wagiono menolak menjalaninya,” jelas Martono (19/09).

Ia menambahkan, syarat utama penerapan proses asilimasi bagi para napiter, kata Martono, ialah ketika si napiter sudah menjani separuh vonisnya. Dan yang tidak kalah penting, si napiter sudah mengakui jika dirinya bagian dari NKRI. “napiter Wagiono wali kebetulan saya sendiri dan saya Beberapakali saya panggil untuk asimilasi, tapi yang bersangkutan  tidak mau dan tetap  memilih menyelesaikan masa tahanannya.

Sekedar informasi, Wagiono adalah napiter anggota jaringan Abu Roban yang divonis 10 tahun penjara. Pada Agustus 2015 lalu, dia dipindah dari Lapas Lowokwaru Kota Malang ke Lapas Kelas II B Lumajang, setelah terjadi kerusuhan di dalam lapas. Sedangkan Ahmad Dani  salah satu terpidana yang membantu teror bom di Gereja Oikusmene Samarinda pada 13 November 2016. Pada September 2017, Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Dani dengan 6 tahun penjara. Dia dipindah dari Rutan Mako Brimob Depok ke Lapas Lumajang pada 2017 setelah terlibat kerusuhan di dalam rutan.

Reporter: Ulum

Editor: Coi/Choiri

Banner PDI







Loading...

#LumajangNKRI #Napiter. #NapiLapasLumajang

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply