Pilkada Banyuwangi 2020, DPC PKB Minta Restu PCNU

  • Whatsapp
DPC PKB BAnyuwangi (3)
Ketua DPC PKB Banyuwangi H. Joni Subagio, bersma pengurus dan jajaran F.PKB DPRD silaturahmi diterima Rais Syuriyah PCNU, KH.Zainullah Marwan bersama kiai-kiai NU, pengurus harian.

KabarRakyat.ID – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi melakukan silaturahim dan meminta restu ke Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Rabu (1/1/2020).

Rombongan DPC PKB Banyuwangi datang ke kantor PCNU Banyuwangi di jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 59 Tukangkayu, diterima langsung oleh Rais Syuriyah PCNU, KH.Zainullah Marwan bersama kiai-kiai NU, Katib Syuriyah Kiai Sunandi Zubaidi, Ketua Tanfidziyah H.Mohamad Ali Makki Zaini dan pengurus harian PCNU. Turut dalam rombongan PKB, tujuh anggota fraksi PKB hadir mendampingi Ketua DPC PKB Banyuwangi H. M Joni Subagio dalam lawatan itu.

Bacaan Lainnya

Ketua DPC PKB H. M. Joni Subagio ini menyampaikan, lawatannya ke PCNU ini merupakan bentuk silaturahim antara PKB dengan PCNU. “Karena bagaimanapun, kita wajib berkhidmat kepada NU,” jelas Abah Joni.

Dalam pertemuan itu, juga membahas mengenai persiapan PKB dalam kontestasi Pilbup mendatang. Sejauh ini, kata Abah Joni, sejak dibukanya pendaftaran bakal calon yang maju melalui jalur PKB sudah ada lima orang diantaranya, H. Taufik Hidayat, Ali Ruci, Luqman Yani, Heru Pratista, dan H. Abdillah Rafsanjani.

Baca juga:

“Dari kelimanya itu, sejauh ini secara person sudah ada beberapa calon yang berkomunikasi langsung dengan kami dan menyatakan kesiapannya untuk maju seperti Ali Ruci, Luqman Yani, dan H. Taufik Hidayat,” terang Abah Joni.

Meski demikian, hingga saat ini masih dalam proses penjajakan termasuk memperhitungkan isitasi dari para bakal calon. Semua kemungkinan-kemungkinan masih bisa saja terjadi. Untuk itulah ia datang ke PCNU untuk meminta petunjuk, arahan, sekaligus bimbingan bagaimana langkah kedepannya yang akan diambil PKB.

DPC PKB BAnyuwangi (1)
Suasana pertemuan DPC PKB Banyuwangi dengan PCNU Banyuwangi

Termasuk jika dirinya diminta untuk maju dalam Pilbub 2020. Sebagai kader PKB, harus siap namun itu tergantung keputusan partai, ulama, dan NU. “Intinya kami siap mengabdi jika memang diperintahkan,” tegas Abah Joni.

Sementara itu, Ketua Dewan Tanfidziah PCNU Banyuwangi KH. Ali Maki Zaini atau Gus Maki menyampaikan, antara PKB dan NU harus rajin-rajin berkomunikasi dan mulai menghidupkan kembali suara PKB. Paling tidak, Gus Maki berharap, nantinya dalam kontestasi Pilbup mendatang harus berujung pada satu suara.

Ia juga meminta, agar kantor DPC PKB yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Desa Sumberejo, Kecamatan Kabat, Banyuwangi itu harus mulai dihidupkan kembali. “Agar nantinya bisa memudahkan untuk terus berkomunikasi antara NU dan PKB,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Dewan Syuro KH. Abdul Ghofar, PKB harus sering-sering menjalin komunikasi dengan NU. Terlebih ketika memdekati kontestasi Pilbup mendatang, harus bekerja dengan secara maksimal.

“Kita harus memaksimalkan suara PKB, minimal bisa memegang kursi Bupati. Jika kursi Bupati bisa dipegang, maka dipastikan akan mendongkrak suara dan posisi PKB,” lontarnya dalam pertemuan tersebut.

Dari sekian bakal calon yang sudah mendaftar melalui jalur PKB itu, KH. Abdul Ghofar menambahkan, nantinya akan dipilih dan diputuskan secara bersama-sama.

Hadir sejumlah anggota DPRD Banyuwangi, H. Ahmad Taufik, H. Khusnan Abadi, H. Susiyanto, Priyo Santoso, Inayanti Kusumasari, dan Anita Rani. Acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan makan nasi kebuli.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *