Monday, October 26, 2020
Home JATIM TRENGGALEK PKK Trenggalek Gandeng BUMN Melatih Batik Sibori untuk Ibu dan Santriwati

PKK Trenggalek Gandeng BUMN Melatih Batik Sibori untuk Ibu dan Santriwati

REPORTERRudi Sukamto
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Tim Penggerak PKK Trenggalek menggandeng Bank BUMN guna memberikan pelatihan Batik Sibori dan cara membuat kue kepada ibu rumah tanggal dan santriwati Pesantren Khomarul Hidayah Kecamatan Tugu Trenggalek, Selasa (4/8).

Kegiatan ini, Dalam rangka mensupport industri lokal guna menggerakkan perekonomian daerah yang terasa mengalami dampak di masa pandemi Covid-19.

Novita Hardini Ketua PKK Trenggalek, juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten menjelaskan kalau pelatihan ini suatu upaya guna  menstimulus perekononian di Trenggalek, agar bisa cepat pulih kembali.

“Hari ini kita memberikan pelatihan kepada ibu-ibu dan perempuan disekitaran pondok untuk bisa mandiri secara ekonomi, kita memberikan pelatihan membuat batik Sibori dan pembuatan roti yang akan dilakukan selama dua hari mulai hari ini dan besok,” jelas Novita.

Novita juga mengatakan kegiatan ini bagian dalam pemulihan ekonomi. Dipilihnya pelatihan batik Sibori, karena peminatnya banyak. Kemudian warnanya juga cantik dan harganya terjangkau. Terus juga industri rumahan juga bisa dilakukan.

“Tadi saya mengingatkan dan memberi tambahan masukan bagaimana kita bisa memperluas pasar Sibori ke pasar anak-anak dengan membuat disain yang disukai anak-anak seperti Hello Kitty, dan beberapa karakter anak lainnya,” jelasnya.

Dengan begitu ibu-ibu yang ada dirumah tidak hanya mempunyai ketrampilan membatik saja namun harus paham kemana market ini akan dituju, sehingga tujuannya menjadi jelas.

Dalam menghadapi masa Pandemi Covid ini, kita harus bisa bertahan agar kita punya ketahanan keluarga yang baik, ketahanan pangan yang baik serta ketahan mental yang baik dengan sama-sama saling membantu, saling solidaritas memperkuat satu sama lain.

Berkolaborasi satu sama lain untuk bisa mensupport pemerintah untuk menggerakkan ekonomi lokal, baik itu dalam produk kerajinan, olahan pangan dan yang lainnya.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca