Pleno Rakapitulasi KPU Banyuwangi Jokowi Kalahkan Prabowo

950 views
Foto: Ketua KPU, Samsul Arifin, S.PdI, M.Si membacakan hasil rekapitulasi pemilu 2019

Foto: Ketua KPU, Samsul Arifin, S.PdI, M.Si membacakan hasil rekapitulasi pemilu 2019

KABARRAKYAT.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi telah menuntaskan rekapitulasi suara pemilu 2019 tingkat kabupaten, Sabtu malam (04/05/2019). Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Jokowi – KH.Ma’ruf Amin unggul atas pasangan nomor urut 02, Prabowo – Sandiaga S Uno.

Berdasarkan data KPU, pasangan Jokowi – KH.Ma’ruf Amin di banyuwangi memperoleh suara sebanyak 711.117 suara. Sedangkan pasangan Prabowo – Sandiaga S Uno mendapatkan 273.543 suara . Dan warga Banyuwangi yang mengunakan hak pilih dalam Pilpres sebanyak 1.002.408 orang, dari daftar pemilih sebanyak 1.345.782 orang.

Ketua KPU, Samsul Arifin, S.PdI, M.Si mengatakan, mulai dari awal hingga akhir, proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten berjalan lancar, aman dan terkendalai. Ada dinamika, namun dalam batas kewajaran.

“ Dinamika dalam Pemilu, hal yang biasa, karena untuk mengclearkan suara masing-masing peserta pemilu, sehingga wajar-wajar saja, “ ucap Samsul Arifin saat dikonfirmasi Awak Media.

Untuk selanjutnya seluruh hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Banyuwangi, akan dikirim ke KPU Propinsi Jawa Timur dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian dan TNI.

Sementara Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim.S.HI menyampaikan, secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Banyuwangi berjalan baik.

“ Selamat kepada KPU, dan kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kepolisian, TNI atas peran serta dan kerjasamanya ikut menjaga situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2019, “ ucap Hamim.

Diakhir Hamim berpesan kepada seluruh peserta pemilu untuk tetap menjaga persatuan, yang menang tidak boleh jumawa,dan yang kalah harus menerima hasil pesta demokrasi lima tahunan ini.

“ Kemarin kita sudah siap deklarasi, menang terhormat, kalah bermartabat, “ ungkapnya.

Selain itu, untuk menjaga situasi Banyuwangi aman dan kondusif menjelang bulan suci Ramadhan, kepada seluruh peserta Pemilu 2019 ataupun tim sukses Capres-Cawapres agar tidak memasang baliho deklarasi kemenangan, sebelum adanya pengumuman resmi dari KPU.

Reporter : Hariyadi

Editor : Setiawan

Banner PDI







Loading...

#Banyuwangi #komisioner KPU Banyuwangi #pleno rekapitulasi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply