PLN Peduli dan Pokdarwis Banyuwangi Melatih SDM Pariwisata New Normal

  • Whatsapp
Pelatihan SDM Kepariwisataan di Bangsring Underwater

Kegiatan CSR PT. PLN Persero unit Induk Pembangun Jawa Bagian Timur dan Bali II (JBTB-Ii), 29 – 30 Juni 2020, di Bangsring Underwater

KABAR RAKYAT – Upaya kebangkitan menyambut era new normal sektor pariwisata. PT. PLN Persero menggelar Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM (sumber daya manusia) Pelaku Wisata Banyuwangi, pada hari, Senin, (29/6), bertempat di Destinasi Wisata Bangsring Underwater.

Pelatihan yang digagas oleh Asosiasi Pokdarwis Banyuwangi (APB) ini melibatkan peserta pelatihan dari berbagai Pokdarwis sebanyak 33 Anggota Asosiasi, Pengurus dan Pengelola Destinasi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat se Banyuwangi.

Read More

Baca: Sikapi Keresahan Bisnis Wisata, Dinas Pariwisata Probolinggo Siap Verifikasi Hotel Dan Restoran

Kegiatan ini dibiayai oleh dana corporate social responsibility (CSR) PT. PLN Persero unit Induk Pembangun Jawa Bagian Timur dan Bali II (JBTB-Ii).Dalam sambutannya, Kepala PT. PLN Persero unit Induk Pembangun Jawa Bagian Timur dan Bali II (JBTB-Ii) melalui oleh Asisten Manager Komunikasi, Alami Nikitajumi menyampaikan, bahwa program ini merupakan  kebijakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan.

Baca: Wagub Emil Soroti Potensi Data Penerima yang Invalid

Masih kata Nikita, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan PT. PLN melalui CSR dengan lingkup kegiatan Community Relation, Community Services, Community.

Pelatihan SDM Kepariwisataan di Bangsring Underwater

“Semoga pelatihan ini benar-benar bisa diserap dan diterapkan teman Pokdarwis sebagai ujung tombak pengelolaan destinasi di Banyuwangi,” papar Nikita, sapaan akrab Asisten Manager Komunikasi, PT. PLN Persero unit Induk Pembangun Jawa Bagian Timur dan Bali II (JBTB-Ii).

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, diwakili Sekertaris Dinas Pariwisata Ir. Choliqul Ridha, M.Si menyampaikan, bahwa era New Normal pariwisata harus disambut sebagai angin segar pergerakan wisata gaya baru dengan protokol kesehatan.

Baca: Pemulihan Sektor Pariwisata Bondowoso Membutuhkan Anggaran 600 Juta

“Kita harus terapkan CHS, yakni Clean (bersih) Healty (sehat) Safety (Aman). Dengan Kunci itu, kita akan bisa beri rasa aman nyaman pada wisatawan yang berkunjung ke destinasi. Kita harus bangga Banyuwangi menjadi Rangking 3 dari 10 top Destinasi menurut Lembaga Nasional Survey Traveloka paling diminati wisatawan di masa new normal,” ungkap Choliqul Ridha.

Saat bertemu dengan Kabar Rakyat, untuk berbincang, Ketua Asosiasi Pokdarwis Wildan Sukirno 41 yang juga Ketua Pengelola BUNDER (Bangsring Underwater) yang poluler dengan sebutan Rumah Apung Bangsring, mengatakan sangat berterimakasih pada PT. PLN Persero.

Baca: Gubernur Khofifah : Santri Bisa Jadi Jenderal, Guru Besar Bahkan Presiden

“Kami sangat berterimakasih pada PT. PLN Persero, karena ditengah kesulitan kami (Pokdarwis Banyuwangi) telah memberi program CSR dalam bentuk pelatihan. Ini yang sangat berarti sebagai suntikan semangat setelah 4 bulan terakhir sudah tidak bekerja dan tidak operasi destinasi karena corona. Kita harus bangkit dan tetap semangat, manfaat pelatihan ini dengan sebaiknya,” pungkasnya.

Pelatihan SDM Kepariwisataan di Bangsring Underwater

Pelatihan peningkatan SDM Kepariwisaatan ini akan berlangsung selama 2 hari, mulai 29 – 30 Juni 2020 di Bangsring Underwater. Juga akan di isi oleh berbagai Bidang Keahlian Keparwisataan dari ASIDEWI Jatim, Praktisi Pariwisata Banyuwangi.

“Ilmu untuk pembekalan pengelola destinasi dan Pokdarwis Banyuwangi Pasca pandemi covid 19,” imbuhnya.***

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *