Pokmaswas Pesona Bahari Budidaya Terumbu Karang

232 views
Pokmaswas Pesona Bahari Peduli Konservasi Budidaya Terumbu Karang 2

Konservasi terumbu karang di dikelola Pokmaswas Pesona Bahari, Bangsring.

KABARRAKYAT.ID – Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pesona Bahari memprioritaskan konservasi terumbu karang yang ada di wisata. Kelompok masyarakat pesisir pantai di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi berharap ada perhatian dari pemerintah.

Seperti yang diungkapkan Ketua Pokmaswas Pesona Bahari, Ach Mustofa, Jum’at(5/7), ketika ditemui dikediamannya mengatakan, kegiatan yang rutin ia lakukan melakukan budidaya penanaman terumbu karang disekitar perairan selat bali tepatnya disepanjang utara pantai watudodol.

Menurutnya, sudah ada puluhan jenis terumbu karang yang ditanam bersama sejumlah anggota pokmaswas. budidaya tersebut mempunyai maksud dan tujuan agar ekosistem dan habitat diperairan pantai watudodol bisa berkembang baik dan bisa menjadi wahana wisata.

Pokmaswas-Pesona-Bahari-Peduli-Konservasi-Budidaya-Terumbu-Karang

Ketua Pokmaswas Pesona Bahari, Ach Mustofa

“Kami berkomitmen terus melakukan penanaman walaupun dengan dana terbatas. Awalnya kita lakukan dengan melalui swadaya masyarakat yang dihasilkan dari pengelolaan usaha disekitar GWD,”Ujarnya.

Kedepan, pihak dinas terkait dalam hal ini Dinas Perikanan Kelautan dan Pangan Kabupaten Banyuwangi agar bisa memberikan bantuan dalam penanaman terumbu karang. Karena, dalam melakukan pembuatan media tanam dan penanaman terumbu karang sangat dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

“ Dulu ekosistem dan biot laut banyak yang rusak akibat dari dampak pemboman ikan, namun dengan mulai sadarnya warga nelayan secara bertahap dilakukan perbaikan sehingga bisa dirasakan 2 – 3 tahun ini mulai ada perubahan dan biota laut kembali membaik,”Ungkapnya.

Reporter : Edhi Prasetyo

Editor      : Setiawan

banner 970x90









Loading...

#destinasi #konservasi budidaya #pesisir pantai bangsring

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply