Thursday, October 1, 2020
Home BERITA Polres Gelar FGD Bersama Cakades Dan Menginisiasi Deklarasi Damai

Polres Gelar FGD Bersama Cakades Dan Menginisiasi Deklarasi Damai

- Advertisement -

KabarRakyat.ID – Puluhan calon kepala desa (Cakades) yang akan mengikuti Pilkades serentak di Bondowoso mendeklarasikan diri untuk mengikuti proses pemilihan dengan damai.

Deklarasi yang diinisiasi oleh Polres Bondowoso itu, diikuti pula oleh forum pimpinan kecamatan, dan TNI wilayah setempat, berikut Pemerintah Daerah. Dalam hal ini dihadiri oleh Asisten 1 Pemkab Bondowoso Agung Tri Handono, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abdurrahman.

Wakapolres Bondowoso Kompol David Subagio, dalam acara Forum Group Discussion (FGD) Mencegah Kerawanan Pilkades Serentak, di Aula Hotel Ijen View Selasa (12/11/2019), mengatakan, jelang Pilkades serentak ini pihaknya mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

Salah satunya mengajak seluruh perangkat panitia, maupun cakades, serta panitia untuk berpikir bahwa pesta demokrasi ini adalah kegiatan yang harus disambut dengan riang gembira.

“Kita tidak ingin peristiwa-peristiwa yang terjadi di wilayah lain, bahwa  setiap pemilihan Kades selalu diwarnai latar belakang konflik. Kami ingin ajak warga masyarakat Bondowoso untuk bersama-sama mengajak masyarakat supaya bisa  menyampaikan dukungan dengan cara uang demokratis,”imbuhnya.

Kompol David menambahkan bahwa secara umum setiap penyelenggaraan pengamanan Pilkades dan pemilihan lainnya tak pernah dianggap satu titik tidak rawan. Semua dinilainya rawan, sehingga pihaknya bisa mempersiapkan pengamanan secara maksimal.

” Kami akan turunkan personil dari Polres sebanyak 250, ya mungkin kita akan kumpulkan di Mako ketika terjadi kontijensi, ada satu kompi. Jumlah ini belum termasuk TNI, Satpol PP juga,”ungkapnya.

Ditanya perihal potensi kerawanan yang terjadi.  Kata David, potensi kerawanan sangat bervariatif. Seperti money politik, kampanye hitam. Kemudian pasca penghitungan juga, ada euforia kemenangan, kekecewaan kekalahan, dan sebagainya.

“Termasuk judi kita sudah menurunkan tim secara tertutup, gabungan antara jaringan Serse dan intelegen untuk  mengawasi dan memantau kemungkinan-kemungkinan memanfaatkan kegiatan pilkades untuk perjudian,”pungkasnya.

Dalam deklarasi itu, seluruh kades mengucapk “Siap menang dan Siap kalah demi menjaga keutuhan NKRI”. Sebelum itu mereka pun menandatangi kesepakatam Pilkada damai.

Untuk informasi, ada 18 desa di Kabupaten Bondowoso dijadwalkan akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 12 Desember 2019 ini.

Adapun desa-desa yang masuk dalam Pilkades serentak diantaranya desa Maskuning Wetan, Kejawan, Taman, Sukosari Lor, Tangsil Kulon, Tarum, Prajekan Lor, Walidono, Mengen, Kalianyar, Sumber Anyar. Dan desa Rejoagung, Taal, Wonokusumo, Sumber Pakem, Sukosari, Prajekan Kidul, dan Bataan.

Puluhan Calon Kades telah mengikuti serangkain tes di tingkat kabupaten. Mulai dari seleksi administrasi, kesehatan, dan tes tulis.

Reporter : ifa

Editor : Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER