Polresta Gesah Bareng Pilkada Banyuwangi 2020 “Sinergi Untuk Indonesia Maju”

  • Whatsapp
Polresta Banyuwangi gesah bareng
Kapolresta Banyuwangi, Ketua DPRD Banyuwangi dan Pimpinan Parpol di acara gesah bareng.
Kepolisian, KPU, Bawaslu, Pimpinan Parpol dialog anti money politik sampai no mahar politik hingga independent ASN

KabarRakyat.ID – Mengusung tema “Bersinergi Jaga Banyuwangi Untuk Indonesia Maju” Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi menggelar Gesah Bareng dengan pimpinan partai politik se-Banyuwangi dalam rangka mengawal Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020.

Gesah Bareng bersama Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin yang digelar di Aston Hotel pada Rabu (5/2/2020) malam itu dihadiri Ketua DPRD I Made Cahyana Negara, Ketua KPU Dwi Anggraeni, Ketua Bawaslu Hamim, serta 12 pimpinan parpol.

Read More

Gesah Bareng ini, menurut Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, untuk mengakrabkan antara kepolisian dengan Parpol, KPU, maupun dengan Bawaslu dalam mengawal jalannya pemilu yang damai, nyaman dan aman. Kaitannya sangat erat, mengingat pelaksanaan Pilbup sudah semakin dekat.

Dalam rangka pengamanan pesta demokrasi ini, kata Arman, pihaknya telah membentuk satuan tugas (Satgas) 3G Blambangan yakni Garda Blambangan, Gema Blambangan, dan Gebyar Blambangan, yang diharapakan mampu meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta menjaga kondusifitas sebelum, saat, maupun setelah pelaksanaan Pilbup.

Arman juga berpesan, agar personel TNI/Polri untuk tetap menjaga netralitas. Pihaknya tidak segan-segan menindak tegas anggotanya yang ketahuan melakukan politik praktis.

“Seandainya ada, khususnya Polri yang melaksanakan politik praktis, kita akan tindak tegas. Kita terapkan sansi kode etik profesi kepolisian, bisa juga sankai sesuai undang-undang pemilu,” tegas Arman.

Ketua DPRD I Made Cahyana Negara mengapresiasi langkah-langkah maupun kegiatan yang dilakukan kepolisian. Sepertihalnya dengan menggelar gesah bareng, berdialog langsung dengan pimpinan parpol terkait dinamika politik dalam pemilu.

“Ini awal yang baik, dengan gesah bareng ini minimal kita bisa menyakan persepsi terkait Pilbup mendatang, memahami tugas dan fungsi masing-masing. Dengan harapan, pemilu mendatang bisa berjalan dengan damai, serta menghasilkan pemimpin yang berkwalitas dan membawa Banyuwangi lebih baik,” ujar Made.

Senada juga disampaikan Hamim selaku Ketua Bawaslu Banyuwangi, pihaknya juga mengapresiasi sinergitas yang sudah dilakukan kepolisian selama ini. Dalam hal ini, kepolisian selain menjaga Kamtibas, juga sekaligus penegak Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu).

“Tentu kami sangat megapresiasi, melalui gesah bareng ini diharapkan bisa menyejukkan pesta demokrasi,” kata Hamim

Sementara Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni menyampaikan, Tahapan Pilbup yang bakal dilaksanakan bulan September 2020 mendatang, sejauh sudah sampai pada tahap pembentukan Ad Hoc.

Pihaknya berharap, kepada seluruh masyarakat Banyuwangi bisa turut berpartisipasi untuk memberikan masukan maupun tanggapan. Sehingga diharapkan pelaksanaan Pilbup 2020 dapat berjalan lancar dan sukses.

“Masukan dan tanggapan tertulis ditujukan langsung ke KPU Banyuwangi atau bisa dikirim via email,” jelas Dwi.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *