Polri Percantik Gapura Peringati Hari Kemerdekaan

  • Whatsapp
Gapura Polres Probolinggo
Foto : Begini sisi beda Gapura HUT RI ke 74 di Mapolres Probolinggo. (Ft. ric)

KabarRakyat.ID – Kekayaan kasanah budaya yang di miliki negeri ini menjadi penanda, bahwa Kebhinekaan menjadi ciri khas yang tidak dimiliki negara lain. Gapura menjadi simbol penting sebagai penanda batas wilayah kekuasaan suatu negara. Bahkan, Gapura sebagai simbul masyarakat yang religius sejak jaman kerajaan nusantara hingga digunakan para Walisonggo dalam menyebarkan agama Islam.

Keberadaan Gapura (Pintu gerbang-red) ini bisa kita dijumpai di Masjid Sunan Ampel secara apik mengadaptasikan nilai-nilai Islam ke dalam arsitektur Jawa. Tak ubahnya di zaman kerjaaan Hindu sebelumnya berfungsi sebagai penanda. Konon kata Gapura berasal dari kata Arab ghafura yang berarti ampunan. Struktur Gapura dibangun di area masjid untuk mengingatkan setiap Muslim agar memohon ampunan sebelum memasuki kawasan suci dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke 74, Gapura menjadi hal menarik di zaman melinia. Jajaran Polri misalnya, memilih melombakan Gapura tindak hanya sebagai arsitektur bangunan di zaman-nya. Namun lebih kepada penanda sebagai semangat kebersamaan sebagai bangsa yang memiliki budaya religi yang kuat.

Gapura Polres Probolinggo1
Rangkaian kegiatan HUT RI ke-74 di Polres Probolinggo. (Ft. Ric)

Pemandangan membuat dan menghias Gapura nampak di semua jajaran Polri di Jawa Timur. Beragam kreatifitas, inovasi ditampilkan untuk mempercantik gerbang masuk Markas Komando Polres masing-masing. Ini semua dilakukan untuk memeriahkan HIT RI ke 74.

“Lomba menghias Gapura sebagai bentuk penghargaan terhadap budaya arsitekstur Indonesia. Banyak pesan yang terkandung dalam bangunan Gapura tersebut. Mulai penanda pintu gerbang wilayah dan pesan religi juga ada. Dalam rangka HUT RI ke 74 Gapura menjadi pesan Keutuhan NKRI setelah para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan”, ungkap Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurniyanto, jumat siang (16/8/2019).

Reporter  : Richard

Editor : Choiri



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *