Polri Sterilisasi Transportasi Jawa-Bali Jelang IMF-Word Bank

  • Whatsapp
IMF Word Bank Transportasi Sterilisasi
IMF Word Bank Transportasi Sterilisasi

Sterilisasi kawasan Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi Jawa Timur

KABARRAKYAT.ID – Satuan Samapta Bhayangkara (Satsabhara) Polres Banyuwangi, mensterilisasi jalur transportasi penyeberangan Jawa-Bali, di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Ketapang, Banyuwangi dan Gilimanuk, Bali, menjelang pertemuan Annual Meetings International Monetary Fund (AM-IMF) and World Bank Group (WBG) di Nusa Dua Bali 8-14 Oktober 2018.

Tampak pada, Kamis (4/10/2018) petang, personil Polri melakukan operasi samping. Pemeriksaan di pintu masuk pelabuhan diperketat melibatkan metal detektor dan tiga anjing pelacak. Setiap kendaraan barang maupun penumpang yang hendak memasuki pintu Pelabuhan ASDP dihentikan dan dilakukan pemeriksaan.

Bacaan Lainnya

Secara teliti, personil kepolisian yang dipimpin Kabagops Kompol Sumartono didampingi Kasat Sabhara AKP Basori Alwi menggeledah muatan serta barang bawaan calon penumpang kapal. Dari bagasi sepeda botor hingga mobil bak tertutup angkutan ekspedisi dilihat secara seksama. Tiga anjing pelacak yang terlatih untuk mengendus narkoba, handak maupun barang mencurigakan lainnya aktif melakukan pemeriksaan.

Polri, kata Kompol Sumartono, telah memberlakukan pengamanan sesuai prosedur tetap (Protap), agar pertemuan AM-IMF and WBG di Bali lancar dan aman. Sebab dipastikan 189 negara kurang lebih 24 ribu orang peserta IMF and Word Bank hadir dibeberapa titik lokasi yang sudah disediakan.

“Ada empat titik obyek yang harus diamankan selama pertemuan IMF WBG. Seluruh titik itu akan dijaga oleh aparat gabungan dari kepolisian, TNI serta Satpol PP,” terangnya.

Baca juga:

Empat titik yang wajib bersih dari gangguan itu antara lain Pelabuhan Ketapang yang meliputi Pelabuhan Tanjungwangi serta LCM. Termasuk pula Bandara Banyuwangi. Lokasi kedua yakni pelabuhan rakyat yang tersebar di seluruh pesisir Bumi Blambangan. Dan ketiga serta keempat adalah hotel berbintang dan lokasi wisata.

“Hotel berbintang dan obyek wisata menjadi target pengamanan sebagai antisipasi jika delegasi peserta AM-IMF WBG berwisata ke Banyuwangi pascapertemuan. Gunung Ijen, Pulau Merah, Pantai Plengkung, Bangsring Under Water dan Grand New Watudodol beberapa area wisata yang bakal dijaga aparat,” beber mantan Kabagops Polres Situbondo.

Setidaknya 750 personil gabungan disiapkan untuk mengamankan jalannya AM-IMF WBG. Pasukan Brimob bahkan Densus 88 bakal diturunkan ke Banyuwangi untuk membantu jalannya pengamanan. Apel Gelar Pasukan baru dilakukan pada 7 Oktober 2018.

Operasi samping yang dilakukan pada Kamis (4/10/2018) untuk mengawali gelaran tersebut. Kasat Sabhara AKP Basori Alwi menimpali, saat ini jajaran polsek di wilayah Polres Banyuwangi telah menggiatkan Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) guna menetralkan situasi dari gangguan Kamtibmas maupun teror.

Reporter: */DN/Fattahur

Editor: Coi/Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *