Senin, Januari 18, 2021
Beranda ADVERTORIAL Potret Kantor Korsda Singojuruh Dulu Rusak Dihantam Banjir

Potret Kantor Korsda Singojuruh Dulu Rusak Dihantam Banjir

REPORTERHariyadi/Adv

KABAR RAKYAT – Kantor Korsda Singojuruh terletak di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, kini sudah tampil cantik dan siap hits.

Pembenahan serta pengembangan di semua lini dilakukan pasca banjir bandang tahun 2018 silam yang menyapu beberapa wilayah Kecamatan Singojuruh. Akibat peristiwa tersebut, bahkan menyebabkan trauma tersendiri bagi penduduk setempat.

Namun, kini masyarakat setempat bisa bernafas lega. Karena pemerintah melalui instansi terkait telah memperbaiki fasilitas maupun sarana prasarananya.

Seperti plengsengan di sepanjang aliran Dam Alasmalang, kedua sisi plengsengan ditinggikan guna mencegah luapan air tidak langsung meluber ke pemukiman warga.

gedung baru
Sisi lain Kantor Korsda Singojuruh, DPU Pengairan Kab. Banyuwangi.

“Kedua sisi plengsengan Dam Alasmalang kita tinggikan menjadi empat meter dari dasar sungai. Tujuanya, supaya luapan air tidak sampai masuk ke pemukiman warga,” ungkap Plt. Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo.

Petugas dari Korsda, Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) dan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam), dibantu warga setempat, kata Guntur, juga rutin melakukan kegiatan kerja bakti bersih-bersih sungai.

Selain itu, Kantor Korsda terletak di sisi selatan Dam Alasmalang juga telah rampung dibangun. Dulu sempat rusak diterjang banjir. Kini, tampil cantik dengan bangunan bercirikhas suku Osing, serta dilengkapi dengan gazebo dan taman menghiasi sekitar kantor korsda.

Untuk mendukung kegiatan Korsda, seperti, bersih-bersih sungai, pengerukan sedimen, normalisasi, DPU Pengairan juga telah meyiagakan alat berat berupa excavator.

“Kami berharap, seluruh kegiatan dan pelayanan di Korsda tersebut terus terpacu untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, Korsda PU pengairan bekerja 24 jam nonstop dalam memantau debit air di wilayahnya,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca