Potret Pasar Mojopanggung Mangkrak

  • Whatsapp
Potret Pasar Mojopanggung Mangkrak
Potret Pasar Mojopanggung Mangkrak

BANYUWANGI – Miris, Pasar Mojopanggung milik Pemerintah Banyuwangi yang dikelola Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi, kini kondisinya kumuh dan mangkrak.
Salah satu pasar yang berada di Jl. Gajah Mada Lingkungan Mojoroto, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi sempat difungsikan dan ditempati beberapa pedagang. Tapi kini, hanya segelintir pedagang yang menempati, bahkan seperti bangunan usang yang lama tidak difungsikan.
Belum diketahui pasti penyebab tidak berfungsinya secara normal pasar tersebut.
Rudi, salah seorang pedagang menyebutkan, sudah sekian minggu bahkan sekian bulan ini Pasar Mojopanggung sepi tak berpenghuni. Kondisinya kumuh tak terawat, utamanya bagian belakang pasar. Yang banyak difungsikan selama ini hanya bagian depan saja, itupun pedagangnya jarang membuka standnya.


Untungnya, saat malam hari ada pedagang kaki lima seperti pedagang nasi goreng, warung kopi, dan pedagang sate yang setiap hari mangkal di depan pasar.
Sementara itu, Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi, Edy Siswanto mengatakan, kondisi Pasar Mojopanggung sepi itu lantaran banyak pedagang yang melakukan transaksi jual beli di sekitar kampungnya sendiri seperti di sekitaran Lingkungan Cungking dan Kelurahan Penataban.
Diakuinya, beberapa pendekatan ke masyarakat serta pemerintahan setempat sudah pernah dilakukannya. Namun, tidak berangsur lama para pedagang kembali berdagang di lingkungan masing-masing dan perlahan meninggalkan Pasar Mojopanggung. Alasannya karena jumlah pengunjung atau pembeli yang minim.
Sempat juga, Asosiasi Pangan Olahan Banyuwangi (Aspoba) sempat menjajal stand dan berdagang di Pasar Mojopanggung. Akan tetapi, hal yang sama yakni jumlah pengunjung yang ada sangat minim. Selang tiga bulan, Aspoba juga turut meninggalkan pasar.
Menurutnya, pembenahan atau revitalisasi perlu dilakukan agar bisa mendongkrak pedagang berjualan di Pasar Mojopanggung, dan diharapkan hal itu juga bisa menarik pembeli berkunjung ke Pasar Mojopanggung yang dulu diketahui merupakan pasar bongkar muat ini, pungkas Edy.

Reporter : Fattahur

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *