PPK Segera Mempublikasi Penghitungan Suara Pemilu

293 views
KPU EDI

Foto: Edy Saiful Anwar, SH, Komisioner KPU Banyuwagi

KABARRAKYAT.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi ingatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa/Kelurahan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk segera mempublikasikan hasil penghitungan suara Pemilu tahun 2019 di wilayahnya masing-masing.

Komisioner KPU, Edy Saiful Anwar mengatakan, kewajiban mempublikasikan rekapitulasi penghitungan suara telah diatur dalam Pasal 391 Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Karena masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui hasil rekapitulasi suara tersebut.

“ Teman-teman penyelenggara pemilu ditingkat desa maupun kecamatan yang sudah melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara untuk segera mempublikasikan hasil penghiyungan suara di wilayah masing-masing, “ ucap Edy Saiful Anwar saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Selasa (23/04/2019).

Edy mengaku telah berulang kali menginstruksikan petugas PPS dan PPK untuk mempublikasikan hasil rekapitulasi penghitungan suara kepada masyarakat melalui papan pengumuman yang tersedia di kantor desa maupun kecamatan.

“ Hal ini sudah kita instruksikan kepada PPS untuk mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, untuk tingkat kecamatan baru dua PPK selesai rekapitulasi yang lainnya masih belum , “ ungkap Edy SA.

Sesuai dengan Pasal 508 Undang-Undang No. 7 tahun 2017 disebutkan bagi anggota PPS maupun PPK yang tidak mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dari seluru TPS yang ada di wilayahnya, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 391 bisa kena sanksi pidana kurungan paling lama 1 (satu ) tahun dan denda paling banyak Rp. 12.000.000 ( dua belas juta).

Reporter : Hariyadi

Editor : Rochard

Banner PDI







Loading...

#Pemilu 2019 #surat suara pemilu

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply