Presiden Jokowi Akan Bangun Jalur Kereta Api Panarukan – Jember 

  • Whatsapp
Jalur kereta api di Panurukan yang mati suri (2)
Pemerintah pusat siapkan anggaran 500 miliar lebih.

KabarRakyat.ID – Kabar gembira, Presiden Joko Widodo, kucurkan dana kurang lebih 500 miliar rupiah untuk mengaktifkan transportasi jalur kereta api Panarukan Situbondo menuju Jember.

Bupati Situbondo, Dadang Wagiarto, mulai menyiapkan tahapan sosialisasi rencana tersebut kepada masyarakat yang tela menguasai lokasi dijalur kereta api, untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah demi kelancaran pengoperasian kembali jalur kereta api.

Read More

“Kami sedang menyiapkan langkah sosialisasi kepada masyarakat. Agar semuanya berjalan lancar,” kata Bupati Dadang pada wartawan usai peresmian kantor di Pelabuhan Panarukan, Rabu (22/1/2020).

Jalur kereta api di Panurukan yang mati suri (1)

Program pusat ini, seiring pembangunan tol laut. Dimana akses pelabuhan dan darat seperti jalan raya juga jalur yang berintegrasi akan serius dibangun di Situbondo.

Jalur kereta api Panarukan Situbondo menuju Jember mulai masuk tahap perencanaan. Presiden Joko Widodo telah kucurkan dana untuk kembali mengaktifkan jalur tersebut.

Dana tersebut, nantinya diharapkan dapat mengembalikan aktifnya jalur kereta api yang menghubungkan Panarukan Situbondo, Bondowoso hingga ke Jember.

Mendatang kata Bupati Dadang, tol laut dimana akses darat, laut dan jalur kereta api yang berintregasi rupanya sunguh-sunguh diharapkan akan merubah jalur pendistrubusian perekonomian kabupaten di ujung pulau Jawa ini.

Jalur kereta api di Panurukan yang mati suri (3)

Dengan adanya akses yang tersambung Pelabuhan Panarukan yang dulu sempat berjaya, kini mulai digunakan dengan fasilits pelabuhan yang terus ditingkatkan menuju pelabuhan internasional.

Terkait relokasi warga, Bupati Situbondo itu masih terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Pola-pola apa nantinya akan dilakukan agar pengerjaanya jalur kereta ini lancar dan bermanfaat bagi semua pihak.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *