Produksi Tebu di Blitar Berkurang 40 Persen, Harga Gula Kian Melonjak

  • Whatsapp
Gula Blitar
Gula di Blitar

KabarRakyat – Imbas tanaman tebu di Kabupaten Blitar yang saat ini berkurang hingga 40 persen akibat cuaca ekstrim, Menyebabkan produksi gula menjadi tersendat.

Kondisi itu dialami oleh Pabrik Gula (PG) PT. RMI Blitar. Salah satu pabrik gula terbesar di Jawa Timur yang terletak di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar ini. tengah memerlukan bahan baku tebu sebanyak 1,2 juta hingga 1,5 juta ton untuk musim giling tebu tahun ini.

Read More

banner 645x400

Padahal saat ini, persediaan tanaman tebu yang ada di kabupaten Blitar hanya mampu mencukupi kebutuhan pabrik sekitar 60 persen.

Wakil General Direktur PT RMI Heri Widarmanto mengatakan, cuaca ekstrim yang terjadi saat ini sangat berdampak terhadap aktifitas giling tebu. Pasalnya, tanaman tebu yang di hasilkan petani panennya tidak optimal dan kurang mencapai target. Hal itu di sebabkan dari banyaknya tanaman tebu yang rusak dan mati.

“Cuaca ekstrim sangat berpengaruh terhadap tanaman tebu. Karena di musim itu, hama serangga serta penyakit tebu kerap menyerang akibatnya perkembangan dari tanaman tebu tersebut menjadi lambat,” Tuturnya

Lanjut kata Heri, cuaca ekstrim ini juga berimbas terhadap musim giling tebu. Di mana, Awal perencanaan giling tebu yang semula di jadwalkan dibulan mei di pastikan akan di undur pada bulan juni nanti.

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *