Program Jalin Matra 2019 Disosialisasi DPMD Bondowoso

130 views
Sosialisasi Program Jalin Matra 2019 Bondowoso

Pemkab Bondowoso sosialisasi Jalin Matra 2019 di Aula Sabha Bina Praja II

KABARRAKYAT.ID – Program Jalan Lain Menuju Mandiri Sejahtera (Jalin Matra) 2019 disosialisasikan oleh Pemkab Bondowoso di Aula Sabha Bina Praja II, Kamis (27/6/2019). Program berkelanjutan dari Provinsi Jawa Timur, era Soekarwo kini dilanjutkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu disampaikan M. Asnawai Sabil Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), saat membuka acara tersebut mewakili Abdurrahman Kepala DPMD Bondowoso.

“Regulasi baru pastinya akan membranding pemerintahan. Yang penting ke depan saya masih yakin dan berharap pemerintah provinsi Jawa Timur terus memberikan dorongan untuk percepatan pengentasan warga miskin kita,”ujarnya.

Program Jalin Matra ini, kata Asnwai, ada tiga macam, yakni bantuan PFK, bantuan RTSM dan bantuan PK2. Komitmennya, pemerintah harus selalu hadir dan menjadi bagian yang solutif dari seluruh persoalan yang ada, terutama berkenaan dengan hak kesejahteraan masayarakat kita.

Data tahun 2019 ini, dukungan provinsi Jatim melalui Program Jalin Matra ini, kabupaten Bondowoso mendapatkan bantuan untuk  26 desa dari 15 kecamatan. Rincian 15 desa untuk Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), 8 desa untuk  Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan 3 desa Bagi Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2).

Asnawi Sabil menambahkan, Jalin Matra ini sasarannya memang keluarga miskin dan yang belum berdaya. Pesannya, agar seluruh perangkat dan pelaksana program Jalin Matra yang digulirkan oleh Pemprov Jatim ikut prosedur penyaluran bantuan yang telah ditetapkan.

Ia mengingatkan, bahwa setelah penyaluran bantuan, maka penerima bantuan supaya dapat memaanfaatkan, dipelihara dan dilestarikan serta dapatnya dikembangkan semaksimal mungkin. Harapannya, bantuan yang diberikan dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, agar terwujud keluarga yang mandiri dan sejahtera sesuai dengan tujuan program.

Sosialiasi program Jalin Matra 2019 itu dihadiri Lianto nara sumber dari Pemprov Jatim dan diikuti oleh Camat dan Kepala Desa, dinas terkait dan pendamping program Jalin Matra.

Di tempat yang berbeda, Muhlis  salah satu koordinator pendamping program Jalin Matra itu, mengatakan, bahwa sosialisasi kabupaten ini dilakukan untuk memantapkan program Jalin Matra 2019.

Reporter : Ifa

Editor : Rony DE

#bondowoso kab #gubernur jatim #jalin matra 2019 #Pemprov Jatim

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply