PT. KAI Setuju Stasiun Karangasem – Banyuwangi Baru Berganti Nama

161 views
Rapat PT. KAI Daop 9 dengan Pemkab Banyuwangi (1)

Rapat PT. KAI Daop 9 dengan Pemkab Banyuwangi. Sepakat merubah nama dua stasiun kereta api.

 

Karangasem ganti nama Banyuwangi Kota dan Banyuwangi Baru ganti nama Ketapang

KabarRakyat.ID – Stasiun Karangasem dan Stasiun Banyuwangi Baru, berada di Kabupaten Banyuwangi. Rencana dua nama stasiun kereta api itu, berganti nama pada awal Desember 2019. Tujuan pergantian nama itu, untuk memudahkan masyarakat dari luar berkunjung ke Banyuwangi.

Nama barunya, sudah diajukan Pemkab Banyuwangi kepada PT. KAI, sejak bulan Maret 2019 lalu. Baru di hari, Selasa (23/7/2019), PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 menjawab usulan Pemkab Banyuwangi tersebut.

“Usulannya, pergantian nama dari Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Dan rapat internal, Direksi menyetujui perubahan nama tersebut,” kata Lukman Arief, Humas PT. KAI Daop 9 Jember, usai bertemu dengan Pemkab setempat.

Dasar perubahan nama, kata Lukman, guna permudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Banyuwangi. Sebab, selama ini banyak masyarakat dari luar Banyuwangi  yang kebingungan.

“Menurut pengalaman, banyak masyarakat yang bingung dengan keberadaan nama Stasiun Karangasem dan Stasiun Banyuwangi Baru. Secara Geografis, letak Kota Banyuwangi itu berada pada Stasiun Karangasem,” ujarnya.

Rencana peresmian nama baru, lanjut Lukman, dilaksanakan pada bulan Desember mendatang, bersamaan pergantian nama Stasiun Banyuwangi Baru menjadi Stasiun Ketapang.

Sementara, Plt (Pelaksana tugas) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi, Ali Ruci menyampaikan Banyuwangi sudah dikenal masyarakat dunia akan destinasi wisatanya, seperti TWA Kawah Gunung Ijen yang moncer di internasional.

“Mau tidak mau, stasiun Karangasem terdekat dengan Gunung Ijen. Nama Banyuwangi Kota lebih memperkenalkan nama Banyuwangi,” ungkapnya.

Ada perubahan nama baru itu, rencana Pemkab akan melakukan pembenahan, mulai dari design stasiun, fasilitas, dan akses menuju stasiun.

“Jadi kurang lebihnya, Stasiun ini sebisa mungkin bisa jadi destinasi wisata baru. Rencana anggaran akan diusulkan di PAK (perubahan anggaran khusus). Harapannya, semua rampung saat peresmian nama stasiun baru,” imbuhnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

Banner PDI







Loading...

#Banyuwangi #kai pt #stasiun karangasem #stasiun kereta api

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply