Puluhan Sex Toy Dimusnahkan Bea Cukai Kediri

  • Whatsapp
Pemusnahan Berbagai Barang Illegal Kiriman Panet dari Luar Negeri

KABAR RAKYAT – Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Type Madya C Kediri Jawa Timur musnahkan barang ilegal yang melanggar izin kepabeaan.

Acara pemusnahan di halaman belakang Kantor Pos Besar jalan Mayjend Sungkono Kota Kediri, Jumat (26/2/2021).

Bacaan Lainnya

Barang-barang illegal dimusnahkan merupakan barang yang dikirim melalui jasa pengiriman PT Pos Indonesia, diantaranya, sex toys 48 buah, kosmetik ilegal 30 kotak, spare part sepeda angin dan sepeda motor 11 buah serta ribuan batang rokok ilegal tanpa dikengkapi pita cukai.

Kepala kantor KPPBC Kediri, Suryana mengatakan, barang-barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan atas kiriman luar negeri yang dilarang beredar bebas dan terbatas (lartas).

“Barang-barang yang dimusnahkan merupakan barang import dan lokal dari hasil operasi petugas di lapangan. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan dipotong menggunakan gerinda, sebagai upaya untuk melindungi perolehan negara. Selain itu agar barang-barang tersebut bisa dipasarkan secara benar,” terang Suryana.

Ada ketentuan yang harus dipenuhi untuk pemesanan barang dari luar negeri, agar tidak melanggar kepabeaan. Pemusnahan ini sebagai edukasi juga kepada masyarakat. Tidak semua barang import dari luar negeri bisa masuk secara bebas.

“Pengawasan barang import ini dilakukan bersama-sama dengan instansi terkait diantaranya, BPOM, karantina dan juga kepolisian. Diharapkan dengan cara ini pendapatan negara bisa lebih meningkat lagi,” tambah Suryana.

Barang yang dimusnahkan merupakan sitaan dari akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021 ini. Perkiraan kerugian negara mencapai Rp 711 juta. ***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *