Minggu, November 29, 2020
Beranda HOT NEWS Rakor Damang dan DAD Kalteng, Kapolda Dianugerahi Gelar Adat Dayak

Rakor Damang dan DAD Kalteng, Kapolda Dianugerahi Gelar Adat Dayak

REPORTERAnang Fauzi

KABAR RAKYAT – Menghadiri Rakor (Rapat Kordinasi) Damang dan DAD (Dewan Adat Dayak) Kalteng, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, menerima gelar adat dayak yang bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (12/08/2020).

Dalam penganugrahan tersebut turut dihadiri Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Ketua DAD H. Agustiar Sabran, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. Slamet Urip Widodo, Kasiintel Korem 102 Panju Panjung Letkol Inf. Imam Priharso.

Juga, Karo Ops Polda Kalteng Kombes Pol. Andreas Wayan Wisaksono, Dirintelkam Polda Kalteng Dedi Wiratmo, Bupati se Kalimantan Tengah, serta Damang dan Ketua DAD se – Kalimantan Tengah.

Baca: Bupati Way Kanan : Mari Bersatu Melawan Virus Corona

Gelar yang diterima Kapolda Kalteng adalah Mantir Hai Penambahan Antang Baputi Karambang Lewu Mandereh Danum Provinsi Kalteng yang berarti seorang pemimpin yang dituakan, pemberani, arif dan bijaksana serta mampu menjaga keamanan dan ketertiban.

Serta bertanggung jawab sebagai pelindung pengayom, penegak hukum, dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Adat Dayak di Kalimantan Tengah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rapat Kordinasi Damang dan Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah.

Rakor kali ini dilaksanakan untuk Indonesia Maju dan Dayak Berdaya dengan Kapakat dan Karakat stop Covid-19 di Kalimantan Tengah. Serta akan membahas tentang penentuan hutan adat yang ada di Kalimantan Tengah untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Baca: Uji Coba Belajar Mengaja Tatap Muka 18 Agustus, Gubernur Khofifah: Berdasar Zonasi COVID-19

Dalam sambutannya Kapolda Kalteng, menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu mendukung program pemerintah terutama dalam penanggulangan Karhutla serta penanggulangan Covid-19 di Kalimantan Tengah.

“Semoga dengan dilaksanakannya rapat koordinasi bersama Damang dan DAD Kalteng ini dapat mencegah terjadinya Karhutla dan dapat memutus penyebaran Covid-19 di Kalteng melalui kearifan lokal,” pungkasnya.

Lebih lanjut Kapolda Kalteng, berharap kepada Damang dan Ketua DAD Kabupaten se Kalimantan Tengah dapat membantu penanggulangan Karhutla melalui kearifan lokal masyarakat Adat Dayak Kalteng.

Baca: Dikunjungi Dankomar Kesehatan Saksi Sejarah Revolusi di Lubang Buaya Membaik

Tambah, Kabid Humas Kombes Pol. Hendra Rochmawan, menyampaikan penganugerahan gelar Adat Dayak tersebut merupakan apresiasi terhadap Kapolda Kalteng atas dedikasi dan kinerjanya mengangkat kearifan lokal Adat Dayak di Kalimantan Tengah.

“Semoga dengan pemberian gelar adat tersebut dapat menjadi motivasi dan contoh bagi anggota Polri dalam melaksanakan tugas dilapangan,” tutur Kombes Pol Hendra R.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca