Raperda Perubahan Perda Pilkades Segera Disahkan

183 views
Drs. Syahroni, Ketua Pansus

Drs. Syahroni, Ketua Pansus.

KABARRAKYAT.ID – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Kedua Perda No. 9 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), segera disyahkan DPRD Banyuwangi lewat rapat paripurna.

Drs. Syahroni, Ketua Pansus Perubahan Perda Pilkades menjelaskan, hasil fasilitasi DPRD, Pemkab Banyuwangi dengan Gubernur Jawa Timur.

“ Hasil fasilitasi perubahan Perda Pilkades baru turun pada hari Rabu pekan kemarin, selanjutnya disingkronisasi dan dijadwalkan rapat paripurna pengesahan,“ ucap Syahroni dihubungi via ponselnya, Selasa (09/07/2019).

Disampaikan, ada beberapa point penting yang jadi perdebatan saat pembahasan. Yakni terkait jadwal tes tulis bagi bakal calon Kepala desa (Bacakades) yang memenuhi syarat lebih dari 5 (lima) orang, bersamaan dengan jadwal keberangkatan ibadah haji.

Maka secara tegas, Bacakades tersebut dinyatakan gugur sebagai calon Kepala Desa yang berhak dipilih, jika tidak mengikuti tes tulis tersebut.

“ Jadwal tes tulis bakal calon kepala desa yang lebih dari lima orang, sudah ditetapkan dalam tahapan penelitian calon kepala desa dan wajib dikuti oleh bakal calon, “ jelas Syahroni.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)yang mencalonkan diri dalam pemilihan Kepala Desa, harus mendapatkan ijin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian atau atasannya yang berwenang.

Dan PNS yang terpilih dan diangkat menjadi Kepala Desa berhak menerima haknya sebagai PNS, serta mendapatkan tunjangan Kades dan pendapatan lainnya yang sah yang bersumber dari APBDes.

“ Sebelumnya PNS yang terpilih dan diangkat menjadi Kades, haknya sebagai PNS tidak diberikan , “ ungkap Syaroni.

Anggaran pelaksanaan Pilkades dibebankan kepada APBD Kabupaten Banyuwangi, yang digunakan untuk pengadaan surat suara, kotak suara, bilik suara, honorariun panitia penyelenggara dan peralatan lainnya.

Sedangkan dana yang bersumber dari APBDes digunakan untuk rapat-rapat persiapan, konsumsi dan biaya keamanan yang berasal dari unsur Linmas.

Reporter : Hariyadi

Editor : Richard

banner 970x90









Loading...

# #DPRD Banyuwangi #perda pemilihan kepala desa #Pilkades

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply