Ratusan Karyawan Perhutani Ikut Job Training Tebangan

106 views
banner 468x60)
Job traning tebangan

Foto: Kegiatan Job Training Tebangan di KPH Banyuwangi Selatan

“Mandor tebang harus teliti dan disiplin. Administrasi tata usaha hasil hutan dengan harapan apabila ada kekurangan atau kelebihan batang kayu antara administrasi dan fisik kayu dapat ditelusuri. Tujuan mandor tebang harus teliti dan disiplin administrasi”

KABARRAKYAT.ID – Diawal tahun 2019, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, melaksanakan kegiatan Job Training Tebangan dipetak 127a RPH Purwo, BKPH Blambangan, KPH Banyuwangi Selatan. Kegiatan dilaksanakan bertujuan sebagai penyegaran kepada segenap Asper, KRPH dan Mandor sebagai pelaksana pekerjaan tebangan dilapangan wilayah hutan Perhutani.

Hal tersebut penting agar teknis penebangan tertib, baik secara pembagian batang. Disamping itu juga untuk mensosialisasikan dan menerapkan penatausahaan hutan. Dalam job training penebangan pohon jati dikawasan hutan perhutani ini, diikuti 260 orang staf karyawan perhutani.

Acara itu, langsung dipantau oleh ADM Utama, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Wakil Administratur dan segenap Kasi serta Asper dan perwakilan KRPH, Kepala Tpk gaul dan Ringintelu, segenap mandor tebang, perwakilan LMDH Kepala Desa Kalipait kecamatan Tegaldlimo.

Administratur Utama, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Nur Budi Susatyo, S.Hut, MM, menyampaikan bahwa Mandor tebang harus teliti dan disiplin. Administrasi tata usaha hasil hutan dengan harapan apabila ada kekurangan atau kelebihan batang kayu antara administrasi dan fisik kayu dapat ditelusuri. Tujuan mandor tebang harus teliti dan disiplin administrasi.

Pengukuran diameter kayu di petak tebangan harus se cermat mungkin, sebelum kayu di kirim ke TPK, kemudian setelah kayu hasil tebangan di TPK. Maka pihak tim penguji dari Perhutani harus  memverifikasi hasil pengukuran mandor tebang dan di tuangkan ke DKB (Daftar Kayu Bulat).

Nur Budi Susatyo menambahkan kesempatan tersebut juga di berlakukan barcode pada tebangan tahun 2019 di KPH Banyuwangi Selatan, Barcode merupakan tanda legalitas dan asal-usul kayu bulat dalam bentuk label, Barcode diwajibkan pada kayu berdiameter 30cm up tambahnya.

Reporter : Siswanto

Editor : Choiri

banner 468x60)

#job training #kph banyuwangi selatan #perhutani

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply