Ratusan Pecatur Indonesia Beradu “Kuat” di Turnamen Terbuka Dandim Cup 2019

89 views
banner 468x60)
Wabup Irwan membuka resmi turnamen catur di Kodim 0822

Wabup Irwan membuka resmi turnamen catur di Kodim 0822

KABARRAKYAT.ID – Sebanyak 215 pecatur dari berbagai wilayah Indonesia mengikuti Turnamen Terbuka Catur Cepat 20 Menit Sistem Swiss, Dandim Cup 2019. Acara yang dilaksanakan di Aula Makodem 0822 itu berlangsung selama dua hari, sejak Sabtu (27/4) hingga Minggu (28/4).

Adapun kategori yang dilombakan diantaranya yakni Yunior KU 9, 12, 15 dan KU 18. Kemudian ada ketegori khusus untuk TNI/POLRI dan senior umum.

Ketua Panitia, Muhammad Supriadi menerangkan dalam turnamen yang kali pertama dilaksanakan di Bondowoso ini menggunakan system swiss. Artinya, semua peserta akan mengikuti keseluruhan babak yang berjumlah sembilan.

“Menang lawan menang. Kalah lawan kalah sampai sekian babak. Disini ada sembilan babak, mengerucut-mengerucut sampai nilai tertinggi,” urai laki-laki yang juga Ketua Becoff Chess Community (BCC) itu.

Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Inf. Tarmuji, mengharapkan agar acara tersebut hendaknya menjadi motivasi bagi para pecatur Indonesia sehingga bisa meningkatkan prestasi. Rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda rutin bagi Kodim 0822.

Para peserta catur sedang beradu otak

Para peserta catur sedang beradu otak

“Peserta ini kan dari berbagai wilayah bukan hanya Jawa Timur, ada dari Jawa Barat, Batam, Bali dan berbagai wilayah lainnya,” ujarnya.
Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, yang hadir membuka Turnamen tersebut, mengaku sangat apresiatif terhadap penyelenggaraan turnamen ini. Pasalnya, turnamen tersebut menjadi embrio dalam melahirkan dan mencetak master-master catur.

“Jadi ini akan menjadi embrio mencetak master maupun grandmaster yang akan kita orbitkan di nasional,” tuturnya.
Informasi dihimpun bahwa terdapat sejumlah peserta yang telah memeiliki gelas master catur tingkat nasional dan internasional. Salah satunya yakni, Resti Aprilia Tri pecatur asal Jember yang telah mendapat gelar WFM (Woman Fide Master).

Reporter : ifa

Editor     : Setiawan

banner 468x60)
Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply