Ratusan Pelajar Jambesari Bentang Merah Putih 100 Meter

  • Whatsapp
Ahmad Taufik saat dikonfirmasi awak media, pembentangan 100 meter Sang Merah Putih oleh anak-anak Desa Jambesari
KabarRakyat.IDSebanyak 100 siswa yang terdiri dari anak TK, MI dan MTs Pondok Khairul Imam, Kecamatan Jambesari Bondowoso mebentangkan bendera Merah Putih sepanjang 100 meter.

Pembentangan bendera tersebut, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-7, Rabu (14/8/2019).

Adapun start kirab bendera tersebut, dimulai dari Desa Jambesari tepatnya depan Kecamatan Jambesari DS, dan finish di Ponpes Khairul Imam Desa Pengarang.

Read More

Siswa-siswi tersebut melewati sepanjang Jalan KH Abdurrahman Wahid, dengan jarak tempuh 5 kilometer.

Pantauan KabarRakyat.ID tampak para siswa juga mengenaka pita merah putih di kepalanya. Serta aksesoris merah putih di wajahnya.

Sepanjang perjalanan, juga diputarkan pidato Prokalamator Republik Indonesia, Soekarno.

Ketua Panitia, Ahmad Taufik menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka HUT RI, juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dari generasi khususnya di daerah pinggiran.

“Karena di lingkungan desa, rasa nasionalisme itu cukup rendah. Bahkan bagi petani 17 Agustus biasa saja, hanya hiburan saja,” jelasnya.

Dengan pengibaran bendera itu kata dia, mengingatkan masyarakat terutama di desa bahwa nasionalisme itu penting untuk menjaga NKRI agar utuh.

“Kenapa saya juga mengajak NU, karena NU itu adalah darah kami di desa. Maka NU dan pesantren harus bekerja sama untuk menegakkan NKRI,” jelasnya.

Dijelaskan Taufik, bahwa bendera itu dijahit sendiri dengan melibatkan tim khusus dan dibantu oleh sebagian santri.

“Dana pembuatan bendera hasil sumbangan dari organisasi NU maupun yang lain,” jelasnya.

Pembentangan bendera Merah Putih oleh siswa MI di Bondowoso ini, juga melibatkan PMII, IPNU, IPPNU, MWC NU Jambesari, Pramuka dan masyarakat secara umum.

Reporter : Ifa

Editor : Setiawan

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *