Sunday, November 1, 2020
Home JATIM BONDOWOSO Realokasi Pupuk Subsidi Tak Merata, Pemkab Bondowoso Janji Evaluasi

Realokasi Pupuk Subsidi Tak Merata, Pemkab Bondowoso Janji Evaluasi

REPORTERIfa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Realokasi pupuk bersubsidi di beberapa Kecamatan tidak merata, oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Bondowoso akan melakukan evaluasi data tersebut.

Sebab, di Kecamatan Pakem dan Kecamatan Taman Krocok yang merupakan lahan kurang produktif untuk pertanian mendapat jatah realokasi hingga 100 persen lebih.

Pemkab Bondowoso melalui Asisten II, Agus Suwarjito, mengatakan, dari tidak meratanya realokasi pupuk bersubsidi di beberapa kecamatan tersebut akan dilakukan evaluasi. Yang nanti mewajibkan para distributor merelokasi pupuk bersubsidi.

“ Pupuk subsidi pada tahun ini (2020) sudah menipis, akhir bulan ini bisa habis. Oleh karena itu distributor diminta melakukan realokasi terhadap daerah yang sudah kehabisan pupuk,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa sore (4/7/2020).

Kemudian Agus menegaskan, bahwa proses jadinya e-rdkk (elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok)  yang harus di evaluasi, karena dalam mengupgrade e-rdkk harus NIK petani, luasan lahan pertanian, kemudian ada berbagai macam pupuk yang bisa ditebus oleh petani.

“ Nah kog aneh, apa bener yang di upload di e-rdkk itu sesuai dengan hardcopy nya. Itu yang kita telusuri dan evalusi bersama,” ungkapnya.

Nantinya Pemkab dalam hal ini ketua KP3 (komisi pengawasan pupuk dan pestisida) kata Agus, akan merbitkan kartu tani untuk memudahkan para petani mendapatkan pupuk bersubsidi. Namun e-rdkk di Bondowoso baru ini digalakkan.

“Nantinya e-rdkk diharapkan selesai tahun ini. Karena pada dasarnya diterbitkan kartu tani ini dari e-rdkk,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca