Jumat, Januari 22, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Rekapitulasi Surat Suara Pilbup Banyuwangi Sudah Mulai Digelar di Tingkat Kecamatan

Rekapitulasi Surat Suara Pilbup Banyuwangi Sudah Mulai Digelar di Tingkat Kecamatan

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Rakapitulasi penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi mulai digelar di tingkat Panitia pemilihan Kecamatan (PPK) sejak kemarin, Jum’at (11/12/2020). Dan baru Daerah pemilihan Banyuwangi IV dan V yang telah melaksanakan pleno rekapitulasi surat suara.

Divisi Teknis penyelenggaraan KPU Banyuwangi , Ari Mustofa menyampaikan, sesuai dengan jdwal yang ditentukan, tahapan rekapitulasi suara di tingkat PPK dimulai sejak, Kamis  hingga Senin, 10- 14 Desember 2020. KPU banyuwangi memberi wewenang kepada seluruh PPK untuk menentukan waktu pelaksanaan rekapitulasi diwilayahnya masing-masing.

“ PPK kita beri wewenang untuk menentukan jadwal pelaksanaan rekapitulasi suara di wilayahnya, namun tidak boleh diluar jadwal yang telah ditentukan oleh KPU, kemarin yang sudah melaksanakan pleno rekapitulasi baru beberapa kecamatan yang ada di Dapil IV dan V , “ ucap Ari Mustofa saat dikonfirmasi, Sabtu (12/12/2020).

Ari Mustofa memprediksi proses rekapitulasi surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020 tidak akan berlangsung lama, karena hanya satu kotak suara yang harus dihitung berbeda dengan Pemilu Legislatif tahun 2019 yang lalu.

“ Rakapitulasi Pilbup tidak akan memakan waktu lama, berbeda dengan rakapitulasi ketika Pilleg dan Pilpres tahun 2019 lalu, tetapi rakapitulasi suara kali ini agak sedikit lambat karena hasil penghitungan harus dimasukan pada aplikasi yang digunakan KPU.RI yakni SIREKAP , “ ungkapnya.

Ari melanjutkan, sesuai dengan jdwal yang telah ditetapkan, rekapitulasi surat suara Pilbup Banyuwangi dari tingkat PPK hingga tingkat kabupaten harus sedah selesai pada tanggal 17 Desember 2020. “ Insyalloh rekapitulasi surat suara tingkat kabupaten kita laksanakan pada 17 Desember 2020, “ ucapnya.

Komisioner KPU asal Kecamatan Genteng ini menambahkan, pleno rekapitulasi surat suara tingkat kabupaten pelaksanaannya akan ada batasan untuk mematuhi protokol kesehatan, hanya beberapa saksi dari kedua Paslon, Panwascam, hingga petugas pengamanan.

“ yang hadir mengikuti pelaksanaan rekapitulasi suara ditingkat kabupaten harus cuci tangan sebelum masuk ruangan, pengukuran suhu tubuh dan wajib mengunakan masker, “ pungkasnya.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca