Respon Keluhan Warga, Komisi III DPRD Bondowoso Catat Temuan Limbah Pabrik Sumpit

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Merespon keluhan warga Desa Pekauman Kecamatan Grujugan, Bondowoso Jawa Timur terkait limbah pabrik. Komisi III DPRD Bondowoso laksanakan inspeksi mendadak di lokasi perusahaan pengolahan kayu, PT. BA (Bonindo Abadi).

Seperti diberitakan, warga merasa dirugikan akibat pengelolaan limbah perusahaan pengolahan kayu yang ada di Desa Pekauman Kecamatan Grujugan tersebut. Warga setempat merasa lingkungannya tercemar air dan udaranya. Hingga ada yang menderita sesak nafas akibat mencium bau tak sedap.

PT. BA adalah perusaahan pengelolaan kayu menjadi sumpit. Dalam sidak, Komisi III mengaku telah menemukan limbah pabrik yang diduga mengandung kimia, seperti TSS dan COD kadarnya berlebihan.

Dikutip Kabar Rakyat, dari SI (Suara Indonesia), berjudul: Komisi III Bondowoso Temukan Limbah Mengandung TSS dan COD….., Kukuh Rahardjo Wakil Ketua Komisi III DPRD pada sejumlah media, Senin (8/2/2021), mengatakan sidak ini terkait keluhan masyarakat terkait limbah pabrik sumpit.

“Ternyata setelah kami lihat dengan membawa sampel yang diambil dari saluran air pemukiman warga, ternyata benar adanya, bahwa limbah itu dibuang ke sungai dan pemukiman warga,” ujarnya kukuh pada media.

Disebut Kukuh, hasil uji laboratorium kabupaten terkait limbah pabrik sumpit didiga mengandung COD dan TSS melampaui ambang batas. Yang aturannya perlu dikelola tersendiri. Beracun atau tidak terkait limbah belum di uji lab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *