Saturday, August 15, 2020
Home BERITA HUKUM Ribuan Pil Dan Narkoba Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo

Ribuan Pil Dan Narkoba Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo

KABAR RAKYAT – Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo memunaskah barang bukti ribuan pil dan narkoba jenis sabu-sabu, Kamis (16/7/2020). Pemunahan barang bukti tersebut setelah kasus dinyatakan tuntas dan telah disidangkan.

Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo kembali memunaskan barang bukti hasil pengungkapan aparat penegak hukum. Sejumlah barang bukti meliputi kasus Narkotika dan pelanggaran undang-undang kesehatan.

Kepala Kejaksaan Negeri Yeni Puspita, S.H, M.H menjelaskan, pemusnahan barang – bukti narkoba, obat -obatan dan kosmetik setelah kasus tersebut dinyatakan selesai disidangkan di Pengadilan.

” Semua barang bukti ini kami musnahkan setelah kasusnya dinyatakan selesai oleh Pengadilan”, kata Yeni Puspita usai menggelar pemunahan masal barang bukti tindak pidana pelanggaran UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan UU 17 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Anak. Dan tindak pidana lain yang telah dinyatakan tuntas ditingkat pengadilan.

Dari gelar barang bukti tersebut menurut Kepala Kejaksaan Kota Probolinggo Yeni, sebagian didominasi kasus pelanggaran UU Kesehatan. “Dari kasus yang masuk didominasi kasus UU Kesehatan. Sisanya kasus Narkoba dan tindak pidana pencurian dan kekerasan,”beber Yeni Puspita.

Barang bukti yang akan dimusnahkan:

  1. Shabu-shabu sebanyak 46, 94 gram
  2. Pil Trihexiphnidyl sebanyak 2.193 butir
  3. Pil Dextro sebanyak 1.221 butir
  4. Pil Yorindo sebanyak 1.350 butir
  5. Pil Trihexiphenidyl Holi sebanyak 90 butir
  6. Kosmetik dengan berbagai merk dan jenis sebanyak 4.004 buah
  7. Handphone sebanyak 33 unit
  8. Senjata tajam sebanyak 7 unit
  9. Alas hisap sabu berupa Pipet, Borg dan barang bukti-barang bukti.

Pemusnahan barang bukti Di Kejaksaan Negeri disaksikan oleh Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Kodim 0820, Polres Probolinggo Kota, MUI dan awak media.

Walikota Probolinggo Habib Zainal Abidin mengingatkan agar semua pihak bekerjasama dengan aparat dalam memerangi tindak kejahatan dan penggunaan narkotika yang ada di Probolinggo.

“Saya menghimbau kepada semua pihak untuk bekerjasama melawan peredaraan dan penggunaan Narkotika dan obat -obatan terlarang. Banyak atau sedikit barang bukti yang dimusnahkan bukan ukuran tetapi ancamannya negatif yang wajib diwaspadai bersama,” jelasnya.

“Mari kita ciptakan Kota Probolinggo bebas Narkoba dan tetap menjaga situasi kantibmas yang kondusif”, kata Walikota Habib Zainal Abidin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER