Roda Dua Mendominasi Penyebrangan dari Bali ke Jawa

142 views
banner 468x60)

banner 468x60)
Pangtauan Udara (1)

Foto: Ilustrasi, Air Patrol dari udara pantau situasi Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi dengan pesawat Cessna, (istimewa/dok/kabarrakyat.id)

Libur Hari Raya Nyepi 2019

KABARRAKYAT.ID – Dini hari, menjelang penutupan pelabuhan ASDP Ketapang dan Gilimanuk, guna menghormati umat Hindu di Pulau Dewata, Bali untuk merayakan perayaan Nyepi 2019, jumlah penumpang roda dua dan roda empat terus meningkat.

Peningkatan arus libur Nyepi dari Bali ke Jawa sudah terjadi sejak pagi, Rabu (6/3/2019). Terpantau jumlah kendaraan roda dua mendominasi di pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi.

Data dari PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang, menjelang penutupan pelabuhan selama 24 jam saat perayaan Nyepi, saat ini beroperasi  33 unit kapal.

Selama 24 jam, untuk penumpang pejalan kaki yang menyeberang dari Gilimanuk sebanyak 49.732 orang, sementara penumpang pejalan kaki dari Jawa ke Bali sebanyak 11.189 orang. Sementara untuk roda dua, sebanyak 9485 unit telah diseberangka dari Bali ke Jawa. Sedangkan roda empat, sebanyak  2216 unit telah sampai di Banyuwangi.

Kendaraan roda empat dan roda dua keluar dari kapal yang penuh dengan pengguna jasa penyebrangan. Kebanyakan, mereka yang tak merayakan Nyepi memilih tinggal sementara ke Pulau Jawa.

Yanto yang mengaku berasal dari Banyuwangi ini, sengaja mudik ke kampung halaman, lantaran saat Nyepi di Bali tak ada aktivitas apapun.

“Kebetulan saya Hindu. Saya lebih memilih Nyepi di Banyuwangi saja. Karena sambil liburan juga. Rencananya seminggu di Banyuwangi,” pungkasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Rahmat yang juga salah satu penumpang dari Denpasar Bali. Rahmat mengaku terpaksa mengungsi ke Jawa, lantaran selama Nyepi Internet di Bali mati total. Selain itu, tidak adanya aktivitas di Bali membuat dirinya tidak kerasan.

Reporter: Hariyadi/Choiri

Editor: Richard

banner 468x60)

#hari raya nyepi #libur nyepi #Pelabuhan ASDP Ketapang

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply