Ruliono, SH Mengajak Generasi Muda Teladani Nilai Luhur Ajaran Bung Karno

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliono, SH

KABAR RAKYAT – Bung Karno memiliki peran besar dalam mengali nilai-nilai Pancasila yang saat ini menjadi pedoman, pandangan dan panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan dan meneladani nilai-nilai luhur ajaran Bung Karno bagi rakyat Indonesia, khususnya kalangan generasi muda.

Read More

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliono,SH saat memberikan paparan dalam kegiatan sosialisasi hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, Selasa (17/06/2020) di Auditorium KH.As’ad Samsul Arifin IAI Ibrahimy Genteng.

Dihadapan peserta sosialisasi yang sebagian besar Mahasiwa, Ruliono menjelaskan, kepada Cyndi Adams penulis otobiografi Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Bung Karno mengaku mendapatkan inspirasi melahirkan dasar negara Pancasila saat diasingkan penjajah Belanda ke Kabupaten Ende, Pulau Folres Nusa Tenggara Timur (NTT).

“ Beliau sadar Indonesia merdeka membutuhkan dasar negara sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan selama empat tahun diasingkan di Ende, Bung Karno memiliki banyak waktu untuk merenung dan memikirkan falsafah negara Pancasila , “ jelasnya.

Dan di Ende itulah, jelas Ruliono, Bung Karno menempah diri, bukan hanya sebagai orator kemerdekaan, tetapi berkembang menjadi konseptor kenegaraan.

“Gagasan  Soekarno tentang Pancasila tidak datang secara tiba-tiba, namun hasil dari proses perenungan diri Bung Karno selama hidup di Ende , “ ucapnya.

Disisi lain, Bung Karno juga dikenak sebagai sosok yang pintar genius, memiliki kharisma dan dikagumi banyak tokoh besar dunia, Dan salah satu yang membahas literatur itu adalah buku yang berjudul “Dunia Dalam Genggaman Bung Karno “ karya Sigit Aris Parsetyo.



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *