Sang Merah Putih Kali Pertama Berkibar di Tebing Kalipedati Probolinggo

  • Whatsapp
Tebing Kalipedati Probolinggo
Foto : Aksi keberanian tim panjat tebing Kabupaten Probolinggo, saat berjuang mengibarkan Bendera Merah Putih di atas tebing Kalipedati. (ft.ric)

KabarRakyat.ID – Sekumpulan anak muda, tergabung dalam Ferdasi Panjat Tembing Indonesia (FPTI) mengibarkan Bendera Merah Putih, di tebing vertikal setinggi 74 meter. Dinding batu setinggi 100 meter lebih, terletak di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menjadi saksi unjuk berani para pemuda dalam mengekspresi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Jumat (16/8/2019).

Udara cerah mendadak mendung di lokasi pengibaran Bendera Indonesia di tebing sungai Kalipedati, Desa Kalianan. Untuk menuju tebing sungai Kalipedati yang disisi selata terdapat air terjun yang indah itu memang tidak mudah. Butuh kekuatan olah tenaga dan fikiran serta keberanian untuk mencapai titik lokasi yang dipilih anggota FPTI dalam meriahkan HUT RI tahun 2019 ini.

Read More

Acara yang didukung penuh, Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo, terbilang nyentrik dan kekinian menyambut HUT RI ke-74. Memanfaatkan obyek alam yang masih natural diketinggian lebih 1.500 meter dari permukaan air laut. Dinas Kominfo menggandeng anggota FPTI membuat sesuatu yang bernilai heroik, bersahabat dengan alam.

Acara yang dihelatkan pencinta olahraga panjat tebing ini, dihadiri orang nomor dua di Kabupaten Probolinggo, Wakil Bupati Drs. H. Timbul Prohamdjoko. Jalan yang sangat sulit dilalui pun tak menyurutkan Timbul Prihandjoko berpartisipasi dengan orang muda dalam menyampaikan pesan-pesan nilai kebangsaan dan cinta tanah air.

Tebing Kalipedati Probolinggo2
Wakil Bupati Drs. H. Timbul Prohamdjoko menyerahkan bendera merah putih yang hendak dikibarkan ditebing Kalipedati pada seorang tim FPTI. Turut mendampingi, Kepala Dinas Kominfo, Statistik Dan Persandian Yulius Cristian. (Ft. Ric)

“Medan yang tidak mudah, berat penuh resiko bagian dari mewujudkan impian dalam menunjukan eksistensi perjuangan. Hari ini generasi muda kabupaten Probolinggo memberikan nilai lebih, ketika mengekspresikan sebuah penghormatan kepada negara dan bangsanya melalui pengibaran bendera Merah Putih di ketinggian ekstrem tebing kalipedati, Desa Kalianan, Kecamatan Krucil. Peringatan HUT RI ke 74 luar biasa, menyatu dengan keindahan air terjun Kalipedati”, kata Wabup Drs. Timbul Prihandjoko, yang menjadi inspektur upacara bendera, Jumat (16/8/2019).

Bendera yang di kibarkan diatas tebing batu berukuran 5 x 10 meter begitu gagahnya menempel diantara batu pualam. Sementara itu, dibawah tebing batu puluhan warga Desa Kalianan dengan hikmat membentangkan bendera ukuran besar mengiringi para pemanjat tebing menaikan sang Merah putih.

Acara peringatan HUT RI di lereng gunung Argopura kian unik. Sejumlah penari Renganis turut memeriahkan dan menari diatas bebatuan ukuran besar sungguh pertunjukan yang beda. Berlatar belakang air terjun yang indah nan sejuk.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik Dan Persandian Yulius Cristian, sengaja memilih studio alam air terjun Kalipedati, Kecamatan Krucil, maksud dan tujuan guna turut mengangkat potensi kekayaan alam yang ada di kabupaten Probolinggo. Spirit kebangsaan, patriotisme, coba diangkat dalam moment HUT RI ke-74.

Tebing Kalipedati Probolinggo1
Foto : pengibaran bendera merah putih ukuran besar di tebing Kalipedati, Krucil, Probolinggo, Jumat(16/8/2019).

“Moment HIT RI ke 74 sudah selayaknya kita rayakan dengan kegiatan positip. Meneruskan perjuangan para pahlawan dalam konteks sekarang tentu dengan cara yang beda. Semua potensi anak bangsa harus kita dorong untuk maju, sesuai kemampuan skill yang dimiliki. Panjat tebing salah satu hobi anak muda yang membutuhkan keberanian, skill dan profesional. Disisi lain, moment hari ini akan menggerakan iklim usaha pariwisata dan UKM di sekitar obyek tebing Kalipedati yang menawarkan obyek wisata air terjun yang eksotic”, kata Yulis Criatian yang tampil ala pejuang Bung Karno.

Aksi pengibaran bendera merah putih di tebing Kalipedati ini kali pertama dilakukan di Probolinggo. Ada suasana patrotisme, suasana tegang, indah, udara sejuk dan kelelahan nak turun menambah kesan yang menyenangkan.

“Terimakasih untuk anggota FPTI Kabupaten Probolinggo yang memberikan aktraksi yang luar biasa berbeda, menantang, keren. Ucapan yang sama untuk warga Desa Kalianan dan seluruh perangkat Desa berserta tim panitia pendukung”, ungkap mantan Camat Sukapura ini.

Acara pengibaran merah putih di tebing batu ini direspon masyarakat. Mulai pelajar hingga ibu-ibu rumah tangga turut berpatisipasi. Mereka tidak takut lelah menyusuri lereng Kalipedati. Sungguh suasana kebersamaan yang sudah lama kita tidak jumpai.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *