Satpol PP Gagal Razia Miras di Homestay Dekat Wisata Pulau Merah

  • Whatsapp
Razia Miras Pesanggaran (4)
Satpol PP razia minuman beralkohol di Sumberagung, Pesanggaran.

KabarRakyat.ID – Kegiatan razia, Satpol PP Kabupaten Banyuwangi guna menertibkan peredaran minuman keras (miras) di homestay-homestay di wisata Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, pada Rabu (19/2/2020), berakhir ricuh.

Pasalnya, warga memprotes razia tersebut karena menuding Satpol PP tebang pilih dalam melakukan razia. Akhirnya, Satpol PP memilih balik kanan bahkan akan mengembalikan miras yang berhasil disita kepada homestay yang telah dirazia.

Read More

Dihubungi via ponselnya, Kasi Penindakan dan Penyidikan Satpol PP Banyuwangi, Rifai membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, pihaknya terpaksa balik kanan karena saat razia diprotes puluhan warga.

“Rencananya semua homestay yang ada di wisata Pulau Merah akan kami operasi. Tapi tidak jadi kami lakukan. Dan hasil operasi miras kami kembalikan ke pemiliknya lagi, karena keadaan tidak kondusif,” kata Rifai kepada KabarRakyat.Id.

Razia Miras Satpol PP (1)
Kasi Penindakan dan Penyidikan Satpol PP, Refa’i, SH memberi arahan, sekaligus peringatan.

Salah satu warga setempat, Agus mengatakan, Satpol PP melakukan razia miras di homestay Pondok Mertua sekitar Pukul 12.00 WIB. Kemudian berlanjut ke A Red Island Surf Camp yang dikenal masyarakat dengan sebutan Mojo Surf Camp.

Di tempat tersebut, Satpol PP mengangkut semua minuman dengan kadar alkohol di bawah 4% jenis Bali Hai, San Miguel, Heineken, Strongbow, dan radler.

Baca jugaHujan 1 Jam, Air Sungai di Silirbaru Menutup Jalan Raya Sumberagung

“Saat keluar daro Mojo Surf Camp itu, Satpol PP dihadang oleh puluhan warga setempat,” kata Agus kepada KabarRakyat.Id.

Dikatakannya, penghadangan dikarenakan warga menilai Satpol PP telah tebang pilih saat melalukan razia. Dan Satpol PP pun membantah jika pihaknya tebang pilih. Bahkan dengan tegas Satpol PP mengatakan jika razia berlaku untuk semua.

Setelah itu, Satpol PP melanjutkan razia ke homestay Jessi’s. Di tempat tersebut, Satpol PP juga menemukan minuman berkadar alkohol di bawah 4% sama seperti di tempat sebelumnya.

Razia Miras Pesanggaran6
Warga protes, minta penertiban seluruh homestay tidak tebang pilih.

“Tapi minuman-minuman keras itu tidak diangkut karena pemilik homestay memiliki SIUP dan Surat Ijin Usaha Perdagangan Kecil,” jelasnya.

Baca jugaTerungkap, Aspirasi Tertulis Wong Pancer Ternyata Tentang Ini…

Dari situlah ketegangan kembali terjadi. Bahkan warga menuntut agar miras yang ada di Homestay Jessi’s juga diangkut. Karena warga menilai SiUP yang dimiliki Homestay Jessi’s ada kejanggalan.

Akhirnya setelah dilakukan mediasi bersama beberapa perwakilan warga, pihak Satpol PP menyatakan akan mengembalikan lagi minuman yang sudah dirazia itu.

Reporter: Jaenudin

Editor: Rony DE

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *