Tuesday, August 11, 2020
Home BANYUWANGI Satu ABK Penyebrangan Selat Bali Positif Covid-19, Total Banyuwangi 28 Pasien

Satu ABK Penyebrangan Selat Bali Positif Covid-19, Total Banyuwangi 28 Pasien

Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Banyuwangi update tambahan 1 kasus terkonfirmasi positif.

KABAR RAKYAT – Hasil uji laboratorium pihak RSUD Blambangan pada 1 Juli 2020 diterima Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Banyuwangi, menegaskan seorang ABK (anak buah kapal) di pelabuhan Ketapang (Jawa) – Gilimanuk (Bali) terinfeksi Covid-19.

Kini, bersangkutan ditetapkan terkonfirmasi positif sebagai pasien nomor 28. Sebelumnya ABK ini menyandang Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Baca: Kampung Tangguh di Bondowoso Manfaat untuk Pencegahan Covid-19

“Pasien 28 ini adalah seorang pria yang tinggal di Kecamatan Kalipuro. Dia ABK di salah satu kapal,” kata juru bicara Gugus Tugas Kabupaten Banyuwangi, dr Widji Lestariono, dalam rilis update corona Banyuwangi, Kamis (2/7/2020).

Dokter Rio menjelaskan, kondisi klinis pasien. Awal 11 Juni pasien mengalami keluhan batuk, pilek dan panas.

“Lalu pada 19 Juni, pasien berobat di salah satu rumah sakit. Awal diagnosanya gejala demam berdarah,” terang rio.

Baca: Ketua PKK Trenggalek Ajak Tanam Sayuran di Rumah, Ini Manfaatnya

Karena kondisi belum membaik, dilakukan tindakan pemeriksaan rapid test dan laboratorium thorax paru-paru. Hasilnya, rapid tes reaktif dan terdapat pneumonia.

[the_ad id=”29596″]

“Pada 22 Juni, pasien diisolasi di RSUD Blambangan, ditetapkan sebagai PDP,” ujar Rio.

Data Corona Banyuwangi . Ft. Istimewa

Tindakan pihak RSUD Blambangan, jelas Dokter Rio, melakukan tes swab pertama pada pasien. Kemudian diulangi kembali pada 29 Juni. Kedua tes swab ini telah dikirimkan ke BBTKL Surabaya, namun hasil belum juga keluar, saat itu.

“Baru, pada tanggal 1 Juli, dilakuan tes swab ulang dan diperiksa menggunakan mesin TCM di laboratorum RSUD Blambangan, hasilnya positif terjangkit virus Covid-19. Pasien pun ditetapkan sebaagai pasien 28 dan kini masih dirawat intensif,” terang Rio.

Baca: Empat Maskapai Kembali Terbang ke Bandara Banyuwangi

“Mesin TCM sendiri merupakan mesin untuk memeriksa virus TBC yang selama ini sudah dimiliki oleh Banyuwangi. Kini telah ditingkatkan fungsinya untuk bisa memeriksa Covid-19 dengan cartridge khusus yang dikirim dari Kementerian Kesehatan,” imbuhnya.

Dengan demikian kini, di Banyuwangi total ada 28 pasien positif terinfeksi corona. Di mana 9 orang sembuh, 18 orang dalam perawatan, dan 1 orang meninggal. Gugus Tugas sudah melakukan tracing terhadap jaringan kontak pasien nomor 28.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER