Senin, November 30, 2020
Beranda POLITIK PILKADA 2020 Satu Paslon Bupati Trenggalek Terpapar COVID-19, Tidak Menggugurkan

Satu Paslon Bupati Trenggalek Terpapar COVID-19, Tidak Menggugurkan

REPORTERRudi Sukamto

KABAR RAKYAT – Salah satu pasangan calon bupati Trenggalek, Jawa Timur terpapar COVID-19. Hasil pleno KPU memutuskan tahapan tes kesehatan di RSAL Surabaya dihentikan sampai nanti hasil swab keluar negatif.

Saat ini paslon bupati itu menjalani karantina mandiri dengan pengawalan dokter kesehatan yang dibiayai sendiri.

Perihat paslon bupati terpapar itu disampaikan Gembong D.H Ketua KPU Trenggalek dalam relaise pada media di Kantor KPU, Sabtu, 12 September 2020.

“Satu calon itu, lanjut Gembong, tidak menyertakan surat hasil rapid/swab test ketika mendaftar ke KPU bersama pasangannya. Pada, 4 September lalu bersangkutan sudah swab tapi hasilnya belum bisa dibaca. Sebagai gantinya hasil rapid test sehingga pendaftaran kami terima,” terang Gembong.

Baca: Resmi Mendaftar KPU, Ipuk Azwar Anas – Sugirah Ajak Ciptakan Pilkada Bersih dan Sejuk

“Maka bakal calon yang dinyatakan positif COVID-19, tahapan tes kesehatan dihentikan. Karena bersangkutan harus menjalani isolasi mandiri. Sifatnya satu paket, maka antara bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut belum melanjutkan tahapan yakni pemeriksaan kesehatan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya baru bisa melaksanakan tahapan Test kesehatan kepada pasangan tersebut jika mereka sudah negatif uji swab.

“Tidak etis kita menyebutkan nama maupun inisial, tetapi dia adalah satu dari dua orang yang saat ini mendaftar sebagai bakal calon Bupati dan untuk proses kesehatan menunggu dia, setelah isolasi mandiri dan di Swab hasilnya negatif,” kata Gembong.

Baca: Berpeluang Isi PAW DPRD, Andik Santoso Menolak Dikatakan Mundur dari PDIP

Penetapan pasangan calon bupati dan wakil Bupati akan dilaksanakan tanggal 23 September, sementara tes kesehatan untuk bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek sudah berlangsung di RSAL dr Ramelan Surabaya, 7-8 September.

KPU Kabupaten Trenggalek memastikan, pencalonan bakal calon yang positif COVID-19 tidak dinyatakan gugur, namun terkait mekanismenya, kami akan kordinasi dulu dengan KPU Jatim maupun Pusat,” jelasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca