Senin, Januari 18, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Sebelum Pelaksanaan Tahun Anggaran 2021 Komisi IV DPRD Banyuwangi Gelar Raker Evaluasi...

Sebelum Pelaksanaan Tahun Anggaran 2021 Komisi IV DPRD Banyuwangi Gelar Raker Evaluasi Kinerja SKPD Mitra Kerja

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Sebelum pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2021, Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat kerja bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mitra kerja dalam rangka evaluasi kinerja tahun 2020.

SKPD mitra kerja Komisi IV diantaranya Dinas PU Pengairan, Dinas PU Cipta Karya PP, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, RSUD Blambangan dan RSUD Genteng.

Wakil Ketua Komisi IV, Ir.Basuki Rachmad mengatakan, rapat kerja Komisi IV bersama mitra kerja bertujuan untuk mengetahui sejauh mana capaian program dan kegiatan yang telah dilaksanakan SKPD ditahun 2020 lalu.

“ Kita ingin mendengarkan penjelasan SKPD terkait dengan pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2020, khususnya terkait dengan pembangunan infrastruktur, apakah sudah tuntas secara keseluruhan, lantas bagaimana kualitas pekerjaanya, dan capaian manfaatnya bagi masyarakat seperti apa , “ ucap Basuki Rachmad saat dikonfirmasi Awak Media, Senin (11/01/2021) di DPRD Banyuwangi.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh SKPD, ucap Basuki, capaian serapan anggaran masing-masing SKPD mitra kerja tahun lalu terserap lebih dari 90 persen sehingga masih ada Silpa karena ada kegiatan SKPD yang tidak dapat dilaksanakan.

“ Dinas PU Pengairan menyisahkan satu program yakni pengadaan air bersih di Kecamatan Wongsorejo senilai 10 miliar yang tidak bisa dilaksanakan karena kendala dukungan lingkungan, sedangkan di Dinas PU Cipta Karya adalah lanjutan pembangunan gedung juang , “ jelas Basuki.

Selain terkait pembangunan infrastruktur, Komisi IV juga meminta ketegasan Dinas Lingkungan Hidup untuk menegur perusahaan pengelolaan ikan yang hingga kini belum menyediakan sarana Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“ Masih ada perusahaan pengelolaan ikan yang belum memiliki Amdal dan IPAL, kita minta Dinas Lingkungan Hidup untuk menegur , “ ucap Basuki.

Selanjutnya terkait dengan pengelolaan sampah dan ketersediaan lahan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) targetnya harus sudah terealisasi pada tahun 2021 ini. Rencananya TPSA akan ditempatkan di Kecamatan Wongsorejo untuk wilayah Banyuwangi Utara, sedangkan untuk Banyuwangi Selatan akan menyewa lahan milik Perhutani.

“ Untuk Dinas Perhubungan tahun 2021 akan lebih mengoptimalkan penerimaan PAD yang berasal dari Parkir dan retribusi terminal , “ ucapnya.

Diakhir wawancaranya, program dan kegiatan tahun anggaran 2021 Basuki Rachmad berharap kepada seluruh SKPD mitra kerja Komisi IV untuk lebih memprioritaskan program-program yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur tahun 2021 harus memprioritaskan kegiatan yang manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat , “ pungkas Ketua DPC Partai Hanura Banyuwangi ini.*

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca