Sekda Bondowoso: Membanggakan Sebelum Lebaran BLT-DD Cair 65 Persen

  • Whatsapp
Sekda Bondowoso Syaifullah (Kanan)

Pencairan BLT DD Tahap Pertama

KABAR RAKYAT – Kabupaten Bondowoso sudah mencairkan 65 persen ke keluarga penerima manfaat (KPM), untuk program bantuan sosial terdampak Covid-19 melalui Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa atau BLT-DD.

Sebelum Lebaran hingga 23 Mei 2020 kemarin, ada 65 persen desa yang sudah mencairkan. Total serapan mencapai Rp 13,6 miliar, dengan penenrima 22.778 KPM.

Read More

PIC BLT DD Kabupaten Bondowoso, Abdul Gafur Bakri menjelaskan, Desa Leprak Kecamatan Klabang merupakan desa ke 135 dan sebagai desa terakhir salurkan BLT DD sebelum hari raya Idul Fitri 1441 H.

Pencairan kata dia, menggunakan metode tunai, sesuai dengan Surat Sekda nomor 59u7/2020 tanggal 18/5/2020 perihal Penegasan Petunjuk BLT Dana Desa.

“Kami selaku pendamping profesional Kementrian Desa dan mitra strategis DPMD Kabupaten Bondowoso, mencatat progres salur BLT Dana Desa tahap I. Dan Metode tunai ini merupakan kebijakan relaksasi pelaksanaan penyaluran BLT DD, khusus sebelum Idul Fitri 1441 H,”ujarnya, Senin Siang (25/5/2020).

Selanjutnya, penyaluran BLT Dana Desa kembali menggunakan metode non tunai baik untuk 74 yang belum salur tahap I, ataupun bagi 135 desa yang berencana salurkan BLT DD Tahap II pada bulan berikutnya.

“Kebijakan non tunai ke tunai ini, merupakan langkah strategis dan efektif. Hal itu upaya Pemkab untuk mengenjot angka penyaluran,” katanya.

Tapi perlu diingat, kata dia, metode tunai hanya berlaku sampai tanggal 25 Mei 2020.

“Selanjutnya normal pakai metode non-tunai,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Saifullah mengaku senang, kebijakan relaksasi mendapatkan respon positif, oleh 65 persen desa di Kabupaten Bondowoso.

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *