Sekda Menemui Mahasiswa Yang Bertanya Soal Luas Pulau Tabuhan

  • Whatsapp
Sekda Mujiono temu mahasiswa
Ir. H. Mujiono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Guntur Priambodo menemui mahasiswa.

KabarRakyat.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi menemui belasan mahasiswa, HMI Cabang Banyuwangi yang demo penyewaan Pulau Tabuhan, di depan Kantor Bupati Banyuwangi, Kamis (13/2).

Mahasiswa hanya meminta Pemkab Banyuwangi transparans soal luas Pulau Tabuhan yang sebenarnya. “Karena berdasarkan sertifikat yang dikeluarkan pada tanggal 19 Mei 1999, Pulau Tabuhan luasnya 5,3 hektar,” kata Pjs HMI Banyuwangi Mafud, sambil memegang fotocopy sertifikat.

Mereka khawatir, keinginan masyarakat tidak diakomodir jika Pulau Tabuhan disewakan kepada pihak swasta asing.

Ir. H. Mujiono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, usai menemui demonstran menyampaikan, soal luasan sebuah pulau itu tergantung pada peta pengukurannya, karena dalam sebuah pulau itu ada beberapa bagian-bagian seperti pesisir, pantai, air laut, dan daratan.

“Sedangkan pengukuran kita ini bervariasi, apa cuma daratan saja atau sampai dengan pantai. Mangkanya berbeda, tergantung peta pengukuran. Tapi kalau pingin kepastiannya, ya ayo kita ukur bareng-bareng,” jelas Mujiono didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Guntur Priambodo.

Sekda Mujiono menyebutkan, pemerintah berpatokan pada luasan Pulau Tabuhan yakni 5,3 hektar. “5,3 hektar itu, dari gambar yang ada itu ya daratan saja. Namun apabila diukur lagi, kemungkinan hasilnya belum tentu sama, karena memang ada pergerakan-pergerakan alam, seperti pasang surutnya  air laut,” bebernya.

Hingga saat inipun, kata Mujiono, belum ada realisasi fisik apapun, karena saat ini masih pada tahap penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Banyuwangi dan swasta.

“Besok tanggal 18 Februari mendatang ada paparan dari pihak EBD Paragon soal pengembangan Pulau Tabuhan. Yang jelas kami sepakat, masyarakat harus dilibatkan langsung dari mulai pra pengembangan, saat pelaksanaan sampai dengan pasca. Masyarakat harus dilibatkan,” tandasnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Richard

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *