Minggu, Januari 17, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Selain Gemar Bermusik Yons DD Juga Suka Nyangklong

Selain Gemar Bermusik Yons DD Juga Suka Nyangklong

REPORTERFendi/*

KABAR RAKYAT – Siapa yang tidak mengenal Yons DD, pencipta lagu sekaligus penyanyi lawas Banyuwangi. Ternyata sampai saat ini masih aktif bermain musik.

Tidak hanya hobi bermusik, Yons DD mengaku jika dirinya merupakan musisi yang suka nyangklong sebelum tampil diatas panggung.

“Saya sering, kalau waktu keliling manggung diluar kota sebelum nyanyi, nyangklong dulu sama teman-teman Ikawangi sana” katanya.

Menariknya lagi, Cangklong yang digunakannya banyak diminati oleh teman-temannya diluar kota, sebagai kenangan dari sang maestro. Selain itu, cangklong rokok yang Yons pakai, merupakan hasil buatan atau karyanya sendiri.

“Kalau bermain cangklong, sebenarnya sudah dari dulu saya, selain suka, membuat cangklong sering saya lakukan untuk mengisi waktu luang. Jadi meski tidak disuruh pun pingin buat ya buat gitu aja” Ungkap Yons DD.

Sebagai seorang pecinta seni, Yons DD menyatakan jika kegemaran dan keahliannya dalam mengerajin sebuab cangklong tidak ingin ia jadikan untuk memproduksi dalam sekala besar.

Masih menurut Yons, sebuah barang produksi kebanyakan kualitasnya kurang maksimal. Selain itu ia juga mengaku setiap cangklong hasil karyanya tidak pernah sama, baik dari ukuran maupun bentuknya.

“Kalau saya buat cangklong dalam jumlah banyak, itu pasti modelnya beda. Karena saya memang gak suka kalau buat sama. Itu bedanya barang kualitas saya dengan kualitas produksi pasar. Membuat cangklong, tapi bahannya kurang bagus, buat apa? Bikin capek saja” kata Yons.

Ada banyak jenis bahan dan koleksi cangklong milik Yons DD, dirinya mengaku hanya menggunakan keahliannya sebagai pengerajin cangklong, jika ada yang memerlukannya saja.

“Sebenarnya saya lebih suka mengajari seseorang yang mau belajar, sesudah itu saya lepas. Daripada memang benar-benar niat untuk memproduksi” jelas Yons DD.

Selama membuat cangklong, baik yang dia buat sendiri maupun pesanan dari seseorang, Yons mengatakan jika dirinya kurang lebih sudah membuat 400an biji cangklong.

Modelnya pun bermacam-macam, mulai dari harga 10 juta sampai yang 100 ribu, pernah dia kerjakan. Lelaki paruh baya yang dulunya mengaku suka dengan barang antik itu memang seseorang berjiwa seni.

Mulai dari membuat lirik lagu, gitar, biola, seruling, sampai membuat cangklong rokok pun bisa dia kerjakan.

“Kalau ditanya mana yang lebih suka, daripada bikin gitar saya lebih suka buat cangklong karena hasilnya lebih terasa” Ungkapnya sambil tertawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca