Minggu, Januari 17, 2021
Beranda PERISTIWA Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Percepat Bantuan untuk Warga Terdampak

Semeru Erupsi, Gubernur Khofifah Percepat Bantuan untuk Warga Terdampak

KABAR RAKYAT – Aktifitas gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang erupsi. Melihat itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengambil langkah cepat. Intruksikan BPBD Jatim dan Dinas Sosial kirimkan bantuan tenaga, peralatan maupun logistik untuk warga terdampak.

“Bantuan telah dikirimkan diantaranya dua tenda pengungsian lengkap dengan Light Tower sebagai penerangan. Termasuk juga peralatan kebutuhan pengungsian darurat dan dapur umum sedang kita siapkan,” ungkap Gubernur Khofifah di airport Juanda sebelum melakukan misi dagang ke Palembang, Selasa (1/12) pagi.

Khofifah juga telah memerintahkan untuk segera mengirimkan bantuan berupa sembako bagi para pengungsi. Bantuan tersebut terdiri dari 1 ton beras, 500 dos mie instan dan 200 liter minyak goreng. Lalu tambah gizi 120 paket, serta lauk pauk 120 paket.

Baca : Guguran Panas Gunung Semeru Terasa Di Lumajang

“Posko penguatan dari pemprov menyatu di posko  pengungsian yang  berada di lapangan Kamarkajang Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang,” terang Gubernur Khofifah.

Tidak hanya itu saja, dalam rangka penanganan pencegahan di masa pandemi Covid-19, Gubernur Khofifah juga memerintahkan untuk menyertakan bantuan berupa handsanitizer 20 liter, disinfektan 20 liter, masker 5000 pcs, mobil Rescue 1 Unit dan mobil serbaguna 2 Unit.

“Untuk membantu penanganan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Jatim yang akan membawa berbagai peralatan pendukung penanganan bencana juga meluncur ke lokasi,” ujarnya.

Instansi Dinas Sosial pun diharapkan berperan dalam penanganan dampak erupsi  tersebut. Juga telah dikirimkan dukungan peralatan dan bantuan logistik berupa tenda pengungsi 2 unit, famili kit 50 paket, kid ware 50 paket, food ware 50 paket, perlengkapan dapur keluarga 50 paket, paket sandang 50 paket, serta kasur 30 buah.

“Bantuan tersebut kita arahkan langsung ke tempat pengungsian. Tentu semua kita kordinasikan dengan Bupati Lumajang,” jelas Gubernur Khofifah.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca