Sidang Gambar Palu Arit, Saksi Penasehat Hukum Meringankan Terdakwa

  • Whatsapp
Sidang Gambar Palu Arit Saksi Penasehat Hukum Meringankan Terdakwa
Sidang Gambar Palu Arit Saksi Penasehat Hukum Meringankan Terdakwa

BANYUWANGI – Sidang lanjutan kasus palu arit dengan terdakwa Heri Budiawan alias Budi Pego kembali digelar di Pengadilan Negeri Banyuwangi kemarin (14/11). Sidang kali ini masih mendengarkan keterangan saksi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ada empat saksi yang dihadirkan dalam sidang kemarin.

Empat saksi yang dihadirkan adalah Cipto andreas, Dwi Ratnasari, Paeno dan Trimanto. Dalam sidang kemarin, pemeriksaan saksi Paeno tidak dilanjutkan karena yang bersangkutan sakit. Rencananya, Paeno akan kembali dihadirkan dalam persidangan minggu depan untuk dimintai kesaksiannya.

Ditemui usai persidangan, salah seorang pengacara Terdakwa, Ahmad Rifai, menyatakan, secara umum kesaksian para saksi tidak ada yang memberatkan terdakwa, terutama mengenai unsur yang menyebarkan paham komunisme.

Dalam pemeriksaan saksi, lanjutnya, dirinya ingin memberikan perspektif kepada majelis hakim bahwa semua spanduk yang dibuat di rumah terdakwa tidak ada satupun yang ada logo palu aritnya. “Bahkan saksi ada yang menerangkan di tempat itu ada polisi dan polisi ikut memfoto-foto semua spanduk disitu,” jelasnya.

Rifai menambahkan, setelah saksi yang diajukan JPU selesai, pihaknya akan mengajukan empat saksi.  Rinciannya dua saksi meringankan dan dua lainnya saksi ahli Pidana dan Formil. Pengajuan saksi ahli ini menurutnya sebagai pembanding dari saksi ahli yang diajukan JPU. Karena saksi ahli dari JPU menyatakan kasus ini terpenuhi unsur pidananya menurut kami perlu ada pembanding  apakah peristiwa ini memenuhi unsur pasal yang dijeratkan atau tidak. “Kedua saksi ahli sudah menyatakan bersedia untuk hadir,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui terpisah JPU Budi Cahyono  menyatakan pihaknya akan menghadirkan empat saksi ahli. Namun untuk sidang minggu depan mungkin hanya dua saksi ahli yang dihadirkan. “Mungkun dua dulu, saksi ahli sosiologi dan ahli pidana,” jelasnya.

Reporter : Hujaini

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *