Sidang Perdana PHP Bupati Dan Wakil Bupati Banyuwangi 2020 Digelar Besok, KPU Banyuwangi Optimis Menangkan Sengketa Di Mahkamah Konstitusi

  • Whatsapp

Ketua KPU banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman saat dikofirmasi awak media

KABAR RAKYAT – Sidang perdana sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020 akan dgelar besok, Selasa, 26 Januari 2020 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi sebagai termohon optimis dapat memenangkan sengketa Perselisihan Hasil pemilihan (PHP) yang diajukan Paslon 01,Yusuf Widyatmoko – KH.M.Riza Azizy ke Mahkamah Konstitusi.

Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman mengatakan, selain telah menyiapkan data dab berkas yang dibutuhkan dalam persidangan, KPU Banyuwangi juga telah menunjuk kuasa hukum untuk menghadapi sengketa PHP tersebut.

“ Kami memilih pengacara atau kuasa hukum dari Jakarta yang sudah berpengalaman menangani perkara di MK , “ ucap Dwi Anggraini saat dikonfirmasi Awak Media di sela-sela kegiatan Gathering Media, Sabtu (23/01/2021) lalu.

Menurut Dwi Anggraini, pihaknya optimis dapat memenangkan sengketa PHP di Mahkamah Konstitusi dengan alasan hasil rekapitulasi penghitungan suara tidak ada yang diperdebatkan oleh Paslon baik dari tingkat PPS, PPK hingga rekapitulasi tingkat kabupaten.

“ Mereka hanya mempersoalkan dugaan pelanggaran yang dilakukan petugas ad hoc dan abuse of power yang dilakukan Bupati , “ ucapnya.

Terkait dengan dugaan pelanggaran petugas ad hoc KPU, pihaknya telah melakukan proses persidangan kepada mereka. Dan pada pekan depan KPU telah menyelesaikan hasil sidang etik untuk petugas ad hoc.

Selanjutnya saat ditanya terkait tim pemenangan Paslon Nomor urut 01 yang tidak mau menandatangani berita acara hasil rekapitulasi suara. Ketua KPU Banyuwangi menyatakan bahwa hal tersebut merupakan hak dari masing-masing Paslon maupun Tim pemenangannya, namun tidak mengurangi keabsahan hasil rekapitulasi suara tersebut.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *