Rabu, Januari 20, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Sinergi Dengan LinkAja, Banyuwangi Dorong Transaksi Non Tunai Sektor Pariwisata

Sinergi Dengan LinkAja, Banyuwangi Dorong Transaksi Non Tunai Sektor Pariwisata

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Pemkab Banyuwangi terus berupaya mendorong geliat pariwisata di era adaptasi kebiasaan baru. Salah satunya dengan memberikan jaminan kesehatan, keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan melalui digitalisasi pariwisata lewat transaksi non tunai melalui platform uang elektronik Linkaja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda mengatakan Pemkab Banyuwani saat ini tengah berupaya untuk memulihkan kembali sektor pariwisata setelah terdampak covid. Sejumlah upaya dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan digitalisasi di sektor pariwisata.

“Salah satunya pemkab membuka pembelian tiket destinasi wisata secara online lewat aplikasi banyuwangitourism. Aplikasi ini juga menampilkan ragam destinasi wisata yang telah tersertifikasi kesehatan sesuai protocol  Covid 19,” ujar Bramuda, Rabu (21/10/2020).

Menambah fasilitas aplikasi tersebut, pemkab menggandeng platform uang elektronik milik BUMN Linkaja sebagai alat pembayaran. Linkaja saat ini didukung oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), sehingga wisatawan semakin mudah untuk menggunakannya.

“Kami resmi bekerjasama dengan Linkaja. Karena Linkaja merupakan salah satu platform uang elektronik yang jangkauannya luas. Kami berharap dengan kemudahan pembayaran non tunai ini wisatawan semakin nyaman dan yakin untuk datang ke Banyuwangi,” urai Bramuda.

Selain untuk pembelian tiket online, pembayaran nontunai Linkaja juga dilakukan di ekosistem pariwisata Banyuwangi. Yakni melalui metode pembayaran berbasis QRIS (Quick Respons Indonesian Standard) di berbagai UMKM sekitar area wisata yang menjual makanan/minuman dan cendera mata.

“Kita berharap ke depan kemudahan transaksi nontunai ini juga bisa semakin memajukan UMKM dan seluruh pelaku pariwisata yang terlibat dalam kemajuan pariwisata Banyuwangi,” imbuh Bramuda.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca