Sinung Sudrajat Ajak Warga Bondowoso Berani Tes VCT

96 views
Sinung Sudrajat anggota DPRD Bondowoso bersama pemerintah keluarahan nangkaan, mengawali tes VCT di lingkungannya

Sinung Sudrajat anggota DPRD Bondowoso tes VCT antisipasi penyakit hiv aids.

KabarRakyat.ID – Seorang anggota DPRD, Sinung Sudrajat, tes hiv aids dengan Voluntary Counselling and Testing (VCT), dilingkungan rumahnya bersama-sama pemerintah Kelurahan Nangkaan, Kecamatan Bondowoso.

“Ini spontanitas untuk melakukan tes hiv aids. Sebagai wujud kesadaran diri sebagai bagian dari masyarakat,”tutur Sinung usai VCT di kediamannya.

Tes VCT hanya inisiatif Sinung, sebagai motivasi agar masyarakat Bondowoso berani melakukan VCT dan agar lebih memahami bahaya hiv aids.

“Kegiatan ini sekaligus mendorong masyarakat dan mengajaknya untuk turut serta memahami bahwa hiv aids memang berbahaya. Namun demikian, ODHA tidaklah harus dikucilkan. Mereka sama dengan kita, hanya mereka mengidap penyakit yang belum ada obatnya,” jelas Sinung.

sampel darah , hasil tes VCT

sampel darah , hasil tes VCT

Sinung berharap agar dengan kegiatan ini akan semakin banyak masyarakat di Bondowoso yang dengan sadar diri mengundang petugas untuk melakukan tes VCT.

“Jadi tak perlu ditakuti. Selama kita hidup bersih, dan dengan cara yang sehat dan baik, insyallah akan dijauhkan dari penyakit itu,” pungkasnya.

Di Bondowoso, pegiat kesehatan dari Yayasan Pemberdayaan Intensif Kesehatan Masyarakat (Yapikma) menggandeng Puskesmas Nangkaan untuk melakukan VCT. Bahkan LurahNangkaan Agus Adhadi beserta karyawan stafnya jalani tes itu.  Data Yapikma Bondowoso, ada sekitar 398 ODHA tersebar di Bondowoso. Mereka masih hidup dan terus didampingi dalam melakukan pengobatan.

“Peserta yang melakukan tes HIV jumlahnya mencapai puluhan. Mereka adalah ASN dan masyarakat umum. Ini gratis. Dan kalau ada yang mau melakukan tes, bisa langsung kita datangi, tapi minimal 20 orang. Nanti kita akan bersama dinas terkait, untuk  turun,” papar Siwin Soleha, Aktivis Yapikma Bondowoso.

Reporter: Ifa 

Editor: Choiri

#hiv aids #sinung dprd bondowoso #tes vct

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply