Senin, Januari 25, 2021
Beranda JATIM KAB KEDIRI Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Gelar Upacara

Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno Gelar Upacara

REPORTERMuajijin

Peringati Sumpah Pemuda Ke-92

KABAR RAKYAT – Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 92 dan dilaksanakan setiap tanggal 28 Oktober, Situs Ndalem Pojok Persada Soekarno yang berada di desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).

Upacara peringatan Sumpah Pemuda di Situs Ndalem Pojok ini, dimulai Pukul 09.00 WIB sampai Pukul 10.00 WIB. Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan diikuti semua kalangan. Mulai dari tokoh lintas agama,tokoh masyarakat,para pelajar dan juga warga sekitar situs Ndalem Pojok Persada Soekarno.

Rangkaian upacara kali ini seperti upacara pada umumnya, namun yang membedakan adalah Pembukaan UUD 1945, yang biasanya dibacakan, namun kali ini Pembukaan UUD 1945 dilafalkan secara lantang. Dan selanjutnya juga dilafalkan sumpah pemuda yang didampingi oleh para tokoh lintas agama.

Ketua panitia Sikan Abdillah mengatakan, “Sumpah Pemuda itulah yang melahirkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia, jadi Sumpah Pemuda itu seperti Sumpah Amukti Palapa. Sumpah Amukti Palapa yang membawa kejayaan Majapahit.

“Para Pemudalah yang mengantarkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dari penjajah. Kita terdiri dari 17000 pulau, 1128 suku bangsa, bisa bersatu menjadi satu bangsa. Kita terjadi perbedaan dari 786 bahasa, kita bersepakat menjadi satu bahasa. Itu luar biasa. Tidak ada di dunia ini yang sama dengan Bangsa Indonesia. Upacara Sumpah Pemuda kali ini, kami mengusung tema kembali ke jati diri bangsa”terang Sikan Abdillah.

Sementara salah-satu peserta upacara sumpah pemuda Hafis berharap, agar para pemuda mampu menancapkan jiwa dan semangat sumpah pemuda, dan hidup saling berdampingan tanpa adanya konflik.

“karena kita satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Bangsa indonesia bisa merdeka setelah para pemuda bersatu bahu-membahu dengan seluruh elemen masyarakat. Jadi marilah kita bersama-sama membangun bangsa Indonesia untuk lebih sejahtera, karena masa depan bangsa ini ada di pundak generasi muda, khususnya para pemuda.” ujar Hafis.

Diharapkan, dengan spirit dan makna dari sumpah pemuda, para Pemuda Indonesia mampu bersatu dan menjadi kesatuan utuh untuk mengedepankan, menggerakkan nusantara ini, menjadi suatu mercusuar dunia. sesuai dengan cita-cita founding father bangsa indonesia.*

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca