SK Bupati Besaran DD dan ADD Segera Rampung

202 views

Ahmad Faisol (ft. Fattahur)

KABARRAKYAT, BANYUWANGI – Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Banyuwangi, Ahmad Faisol targetkan SK Bupati penetapan besaran Dana Desa (DD) Anggaran Dana Desa (ADD) bisa selesai minggu ini.

Dikatakannya, berdasarkan laporan secara lisan dari masing-masing pedamping desa di Banyuwangi yakni 189 desa dari 25 kecamatan sudah sebagian besar menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Namun sayangnya, belum ada desa yang melaporkan kepada DPMD Banyuwangi.

Pagu alokasi dana ADD dan DD untuk anggaran tahun 2018, sebelumnya sudah disampaikan pada bulan Desember 2017. Perbupnya-pun sudah rampung, tinggal SK Bupati terkait besaran dana ADD dan DD di masing-masing desa. Ditargetkan, minggu ini sudah selesai semuanya.

Baca juga :

 

Jika SK penetapan besaran alokasi DD dan ADD itu belum ditetapkan oleh Bupati, bisa dipastikan dana ADD maupun DD tidak bisa dicairkan. Sedangkan APBDes merupakan salah satu syarat pencairan dana ADD dan DD, jelasnya.

Sesuai peraturan, batasan pelaporan atau penyelesaian APBDes sebenarnya sudah harus selesai tanggal 31 Desember 2017 sehingga pada tanggal 2 Januari 2018 seluruh kegiatan yang ada di desa sudah bisa berjalan. Sayangnya, belum ada sanksi yang tegas mengenai hal ini. Kedepan, bagi desa yang terlambat menyelesaikan penyusunan APBDes, dipastikan ada pengurangan dana.

Sebagai contoh, jika ada desa yang tidak mampu menyerap DD tahap pertama, otomatis tahap ke dua dan ke tiganya tidak bisa direalisasikan. Begitu juga untuk DD tahap kedua, batasannya ini pada 14 Juni, jika pada 14 Juni ini Desa tidak bisa menyerap DD tahap kedua, maka DD tahap kedua dan ketiganya juga tidak bisa cair. Hal itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan 225/PMK.07/2017 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri Keuangan No. 50/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer  ke daerah dan dana desa.

Reporter : Fattahur

Editor : Coi/Choiri

banner 970x90









Loading...

#alokasidanadesa #Banyuwangi #danadesa #dinaspemberdayaandesa

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply