Friday, September 18, 2020
Home BERITA PENDIDIKAN SMSI Jawa Timur Ajak Masjid Menjadi Pusat Belajar Daring

SMSI Jawa Timur Ajak Masjid Menjadi Pusat Belajar Daring

- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Anjuran Dewan Masjid Indonesia (DMI) menjadikan masjid sebagai sarana ibadah dan sosial bersama Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), ternyata sudah direspon oleh Ketua SMSI Provinsi Jawa Timur.

Setidaknya, sebagai Ketua Takmir Masjid Siti Suci Nur Rohmah (SSNR), di kompleks Perumahan Magersari Permai, Sidoarjo Kota menggandeng Remaja Masjid (Remas) dan Karang Taruna berinisiatif meringankan kesulitan belajar, terutama tingkat Sekolah Dasar (SD).

Menurut Ketua SMSI Jatim, H.S. Makin Rahmat, SH, MH, sebetulnya program memasang Wifi unlimited hingga kecepatan 20 mbps, masuk agenda tahun 2019.

Semua berawal dari keinginan Pengurus Takmir yang tergabung dalam Lembaga Takmir Masjid (LTM) PCNU Sidoarjo, menjadikan masjid sebagai pusat aktifitas kemaslahatan umat, bukan hanya ibadah maghdlo (shalat, puasa, zakat) tapi juga ghoiro maghdlo terkait dengan kemasyarakatan, termasuk melek teknologi.

Akhirnya, tercetus program yang berpatokan pada doa, yaitu memohon kepada Allah keselamatan dalam menjalankan agama dinnul Islam, diberikan tubuh yang sehat, dan digampangkan untuk selalu berjihad menuntut ilmu.

Sebagai pusat kegiatan memperoleh rejeki yang barokah, sehingga bisa tobat sebelum maut menjemput, diberikan rahmat saat kematian, dan diampuni sesudah kematian. Semua konsep yang harus diterapkan dalam kehidupan rutin dan aplikasi di masyarakat.

Apalagi, ruang terbuka di areal Masjid SSNR ukuran 50 X 50 meter juga lapang dengan sarana parkir, teras masjid cukup luas untuk belajar dan ruang kantor yang menjadi pusat kegiatan Remas.

Sebelumnya, saat awal Pandemi Virus Corona merebak awal Maret 2020, mendapat WIfi layanan gratis selama tiga bulan, tapi sering ngadat dan sinyal kurang kuat.

Tepat, 3 Juni 2020, Takmir Masjid SSNR memasang Wifi. Bagai gayung bersambut, akhir Mei beberapa jamaah, khususnya remaja memanfaatkan fasilitas Wifi untuk memudahkan komunikasi via internet.

Maka, terjadi selektif alami, yaitu mengutamakan Remas, khususnya anak-anak yang merasa jenuh belajar di rumah, untuk digiring bisa mengerjakan di ruang terbuka areal teras masjid atau ruang kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER