Status Siaga Darurat Covid-19 Wisata Gunung Bromo Ditutup

  • Whatsapp

Darurat Covid-19 Wisata Gunung Bromo Ditutup

 

Read More

banner 645x400

Kabarrakyat.ID – Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengeluarkan status darurat atas peyebaran Covid -19 di Indonesia untuk menutup sementara kawasan destinasi wisata mulai tanggal 17 hingga 31 maret 2020. Sikap resmi Pemerintah ini menyebabkan wisata Gunung Bromo dan kawasan wisata penyangga di tutup.

Bupati Probolinggo dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19 kian ditingkatkan satusnya. Konsekuensinya berdampak kepada kawasan wisata terbesar di Jawa Timur gunung Bromo pun ditutup untuk umum. sikap resmi ini disampaikan satgas Covid -19 melalui Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi usai menggelar rapat, Selasa (17/3/2020) mengatakan penutupan kawasan destinasi wisata mulai dari Gunung Bromo, kawasan Wisata Bentar, air terjun Madakalipura, air terjung Guyangan, wisata menyelam di pulau Gili dan kawasan wisata yang dikelola oleh swasta untuk sementara ditutup sementara mulai tanggal 17 – 31 Maret 2020.

“Penutupan destinasi wisata dilatarbelakangi status darurat bencana Covid -19 . Tindakan ini diputuskan untuk memotong penyebaran virus Corona atau covid -19, yang secara nasional telah diberlakukan oleh pemeritah pusat. Hasil rapat satgas Covid -19 akan disampaikan memulai surat edaran kepada seluruh pegelola obyek wisata, Hotel dan restouran termasuk biro perjalanan wisata,” tegas Anggit Hermanuadi juga Kepala satgas Covid -19.

Masih kata Kepala Satgas Covid -19, menjelaskan, bahwa ketentuan ini bertalian dengan aparatur sipil negara (ASN) dimana atas kondisi darurat pemerintah melalui surat edaran Bupati Probolinggo Hj. Tantriana Sari,SE mengijinkan pegawai ASN mengerjakan tugas admintrasi kedinasan di rumah. Kecuali dibagian pelayanan masyarakat yang dirasa mendesak dan sangat penting segera diambil tindakan.

” istilahnya work at home mengerjakan pekerjaan di rumah sebagai bentuk penecegahan penyebaran virus covid -19 atau mengurangi interaksi dengan orang. Artinya ASN tetap bekerja di rumah sesuai tugas dan kewenangannya. Sementara dalam pemberlakukan ini nantinya ada evaluasi ,” kata Anggit Hermanuadi.

Penutupan destinasi wisata ini cukup disayangkan oleh manager Songa Imam Santoso operator wisata arum jeram. Pasalnya, pihaknya telah memberlakukan SOP protokol kesehatan untuk pengunjung sesuai rekomendasi pemerintah soal pencegaan covid -19.

” Surat edaran ini cukup kami sayangkan, banyak tamu lokal yang datang ke Songa untuk menikmati arum jeram. Dengan surat edaran penutupan destinasi wisata terpaksa kami meliburkan karyawan. Jawa Timur khususnya Probolinggo aman kenapa panik dan berlebihan. Semestinya status darurat ini tidak boleh mempengaruhi iklim usaha dan ekonomi lokal,” ungkap Imam Santoso.

 

Reporter : Richard
Editor       : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *